Kelezatan Resep Nasi Uduk Khas Betawi

Gambar Resep Nasi Uduk

ResepMedia.com Resep nasi uduk yang lezat dan gurih asal Betawi. Betawi memang punya sejuta cerita, termasuk nasi uduknya. Nasi uduk yang bisa kita temukan di hampir seluruh kota di Indonesia diketahui merupakan makanan khas dari Betawi. Karena rasanya yang enak, lebih enak dibandingkan nasi putih biasa karena pada proses memasaknya diaroni terlebih dahulu sebelum kemudian dimasak menggunakan santan dan bumbu lainnya membuat nasi uduk populer tidak hanya di Jakarta saja. Nasi ini biasanya dijual di warung atau gerobak pinggir jalan terutama di pagi hari sebagai menu sarapan. Menyantap nasinya saja memang enak, namun tidak lengkap rasanya jika tidak ada lauknya.

Nasik uduk resep special tersebut disajikan dengan pelengkap berupa taburan bawang goreng, serta lauk seperti ayam, tahu, atau tempe goreng. Ada juga semur telur, telur dadar, sayur kacang merah, bihun goreng, sambal kemiri pedas, mentimun, daun kemangi, dan kerupuk. Bisa juga untuk pelengkap lainnya yang lebih mewah dengan tambahan udang goreng, jeroan, atau empal. Nasi yang lengkap dan meriah dengan berbagai lauk hingga lalapannya tersebut dikenal memang tidak hanya memiliki cita rasa yang begitu nikmat tapi dari nasinya saja, aromanya pun sudah tercium gurih dan begitu menggugah selera. Berikut ini, resep nasi uduk dengan bahan dan cara membuat yang begitu sederhana. Membuat sendiri akan membuat Anda lebih puas karena bisa membuat dalam porsi yang lebih banyak serta pilihan sajian yang bisa disesuaikan.

Bahan dan Bumbu Nasi Uduk:

  1. Beras, 0,3 kg. Pilih beras berkualitas yang pulen dan harum. Cuci bersih dalam air mengalir.
  2. Santan dari 1 butir kelapa.
  3. Daun salam, 2 lembar.
  4. Cengkeh, 2 butir.
  5. Serai, 2 batang. Memarkan.
  6. Garam, secukupnya.
  7. Pelengkap:
  • Bawang merag goreng.
  • Mie atau bihun goreng.
  • Sambal goreng kentang.
  • Telur dadar.
  • Ayam goreng.
  • Tempe kering atau oreg tempe.
  • Kering kentang atau mustofa.
  • Teri kacang.
  • Daun kemangi.

Cara Membuat dan Penyajiannya

  1. Anda bisa memasak nasi ini dalam dua pilihan, manual maupun praktis menggunakan rice cooker.
  • Untuk membuat secara manual seperti memasak nasi biasanya, Anda tinggal masukan semua bahan ke dalam panci, didihkan sampai santanya surut. Panaskan kukusan dan kukus nasi sampai matang.
  • Sedangkan menggunakan rice cooker, Anda hanya tinggal mencampur semua bahan dalam panci atau Teflon rice cooker tersebut dan masak hingga matang. Anda cukup mengaduknya ketika santannya surut agar nasi tidak lengket pada pancinya.
  1. Setelah nasi matang, siapkan piring saji. Untuk hasil cantik dan membuat makan lebih nikmat, alasi daun pisang di atas piring tersebut.
  2. Ambil nasi yang sudah matang dan masukan ke dalam mangkuk kecil. Padatkan.
  3. Cetak nasi ke bagian tengah piring saji.
  4. Letakan menu pelengkap di bagian pinggirnya. Tata sebagus mungkin. Semua bahan pengekap tersebut opsional. Jadi, sesuaikan dengan selera maupun menu pelengkap yang ada.
  5. Taburi bawang goreng.
  6. Nasi pun siap Anda hidangkan dan sajikan selagi hangat.

Rasa gurih pada nasi tergantung dari santan yang Anda gunakan. Oleh karena itu, pilihlah kelapa berkualitas untuk hasil santan yang banyak. Memasak secara manual maupun menggunakan rice cooker keduanya sama-sama cepat dan mampu menghasilkan nasi uduk yang matang sempurna. Walaupun nasi uduk kerap dijadikan menu sarapan, namun kuliner khas ibu kota ini juga bisa Anda jadikan menu makan malam. Rasanya pun akan terasa lebih nikmat jika Anda menikmatinya bersama seluruh anggota keluarga dan makan di gazebo luar rumah untuk membuat acara makan terasa seperti di rumah makan lesehan. Karena, nasi uduk hampir sama seperti nasi liwet yaitu kreasi nasi sederhana yang sangat nikmat apabila disajikan juga dalam cara sederhana dan dinikmati bersama orang terdekat. Kesederhanaan keduanya terlihat dari menu pelengkapnya yang termasuk ke dalam menu makanan rumahan. Untuk resep lainnya dari Betawi, Soto Betawi wajib Anda coba hidangkan. Soto ini berbeda dari soto di daerah lainnya. Menu yang juga tidak kalah nikmat, sehat, dan sederhana untuk bisa disantap kapan saja. Sebagai menu sarapan, makan siang, atau makan malam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*