Kreasi Enak Sayur Lodeh Kuah Kental Khas Sunda

Gambar Resep Sayur Lodeh

ResepMedia.com – Kreasi menu enak resep sayur lodeh. Siapa yang tidak mengenal sayur lodeh, masakan khas asli Indonesia yang tergolong sebagai sajian khas rumahan ini diketahui berasal dari Kebumen, Jawa Tengah. Santan yang membuat sayur ini memiliki kuah warna putih menjadi ciri khas utama dalam bahan dan bumbunya. Hingga saat ini, sayur lodeh tetap menjadi favorit dalam masakan keluarga Indonesia. Namun, saat ini variasi dalam membuat sayur lodeh pun tidak lagi sesederhana sebelumnya. Penambahan berbagai macam bumbu hingga jenis sayurannya pun juga dilakukan. Sehingga, rasanya tidak hanya semakin gurih saja, penampilannya pun semakin meriah dan semakin kaya nutrisi yang dikandungnya. Penyajian sayur lodeh pun dinilai paling enak jika disantap bersama sambal, ikan tongkol goreng, atau telur asin.

Untuk variasi dari resep sayur lodeh sendiri bergantung pada daerahnya. Sayur lodeh dari daerah Jawa, ciri khasnya ada pada rasa gurih dan segar dengan kuah yang tidak terlalu kental, dan biasa disajikan saat sarapan dan makan siang. Sedangkan, untuk sayur lodeh dari Sunda kuahnya akan terlihat lebih kental. Sayur lodeh Sunda pun dalam penggunaan sayurannya tidak selengkap sayur lodeh dari Jawa. Secara umum, sayuran yang biasa dimasukkan dalam sayur lodeh antara lain labu siyam, terung ungu, kacang panjang, cabai, tempe, daun melinjo, dan jagung. Ada juga yang suka menambahkan sayuran lain seperti petai atau jengkol, dan nangka muda. Walaupun mungkin untuk petai dan jengkol terasa sedikit aneh, namun bagi yang menyukainya justru kedua bahan tersebut akan menambahkan cita rasa yang berbeda. Berikut ini, resep enak sayur lodeh Sunda yang bisa Anda buat di rumah untuk hidangan keluarga yang memiliki kuah kental.

Bahan-Bahan dan Bumbu Sayur Lodeh Kental Khas Sunda:

  1. Labu siam ukuran besar, 1 buah. Kupas dan cuci bersih, kemudian potong-potong bentuk dadu.
  2. Terong ungu, 1 buah. Cuci bersih dan potong-potong bentuk dadu.
  3. Jagung manis, 1 buah. Cuci bersih, kemudian potong-potong dengan ukuran yang tidak terlalu besar.
  4. Kacang panjang, 150 gram. Cuci bersih, kemudian potong-potong. Jangan terlalu pendek atau pun terlalu panjang.
  5. Buah dan daun melinjo. Sesuaikan jumlahnya sesuai selera. Bila Anda memiliki asam urat, Anda bisa menghilangkan atau melewati bahan yang satu ini.
  6. Tomat segar, 1 buah. Cuci bersih, kemudian potong-potong.
  7. Santan kental, 200 ml yang diambil dari setengah butir kelapa.
  8. Air, 400 ml.
  9. Garam, secukupnya.
  10. Gula merah sisir, secukupnya.
  11. Penyedap rasa, secukupnya. Lebih baik lewati bahan yang satu ini untuk hasil makanan yang lebih sehat.
  12. Minyak, secukupnya.

Bumbu yang dihaluskan:

  • Kemiri, 4 butir.
  • Lengkuas, 2 cm.
  • Gula merah, 1 sendok teh.
  • Terasi, ¼ sendok teh. Opsional, jika tidak suka boleh menghilangkannya.
  • Bawang merah, 4 siung.
  • Bawang putih, 3 siung.

Cara Membuat Sayur Lodeh Kental Khas Sunda:

  1. Siapkan wajan dan panaskan sedikit minyak.
  2. Masukkan bumbu yang sudah dihaluskan. Tumis sampai aromanya tercium. Aduk terus sampai bumbu tersebut matang.
  3. Setelah matang, angkat dan sisihkan.
  4. Siapkan kembali wajan atau panci masak berukuran lebih besar.
  5. Didihkan air yang telah disiapkan. Setelah mendidih, masukan semua sayuran yang sudah dipotong-potong. Biarkan sampai sayuran terlihat layu dan hampir matang.
  6. Setelah itu, tuangkan bumbu yang sudah ditumis tadi berikut garam, gula merah sisir, tomat, serta santan kentalnya.
  7. Aduk-aduk perlahan agar santan tidak pecah. Anda juga bisa mencicipinya agar mendapatkan rasa yang sesuai selera.
  8. Setelah santan mendidih dan sayuran matang, sayur lodeh bisa segera diangkat untuk disajikan dalam tempat penyajiannya.

Sajikan sayur lodeh bersama nasi panas, tempe atau tahu goreng, ikan asin, dan sambal terasi untuk penyajian yang sesuai dengan ciri khas hidangan Sunda. Karena sayur lodeh ini mengandung santan, maka bagi penderita maagh atau yang memiliki kolesterol sebaiknya kontrol porsinya agar Anda bisa menikmatinya tanpa mengganggu kesehatan. Atau, bagi yang ingin menikmati sayur khas Sunda lainnya selain sayur lodeh tersebut, yang tidak mengandung santan bisa mencoba sayur asem. Kuah tanpa santannya memiliki rasa asam yang begitu segar, pas jika disajikan untuk makan siang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*