Kreasi Kuliner Nusantara Resep Mi Goreng Jawa

Gambar Resep Mi Goreng Jawa

ResepMedia.com – Cita rasa resep mi goreng Jawa yang sesuai dengan selera nusantara. Indonesia sangat kaya akan sajian kulinernya. Hampir di setiap daerah, ada makanan khasnya. Terkadang ada juga makanannya yang secara umum mudah ditemukan dan di daerah lain juga merupakan makanan khasnya, namun dari penamaan dan bumbunya beda. Kekayaan inilah yang membuat masyarakat Indonesia di seluruh nusantara selalu penasaran untuk mencoba makanan tersebut. Namun, karena tidak semua orang bisa melakukan traveling, khususnya jika hanya untuk wisata kuliner saja. Resepnya pun kini bisa Anda coba di rumah.

Kuliner mi goreng Jawa merupakan salah satu yang khas. Mie goreng bisa Anda temukan dimana pun dan secara instan bahkan mudah dibuat. Hanya saja, seperti yang dijelaskan di atas, selalu ada perbedaan pada bumbunya. Demikian juga dengan resep mi goreng Jawa ini. Ciri khas dari mie goreng ini ada pada penggunaan kemiri dalam jumlah yang banyak, kecap kental manis, serta bawang merah. Melihat dari mie goreng lain, seperti mie goreng China yang menggunakan saus tiram, bawang putih, dan minyak wijen tersebut tentu saja membuatnya begitu berbeda dank has. Kemiri membuat bumbu mie goreng semakin terasa, kecap kental yang manis sesuai dengan lidah orang Jawa, serta rasa gurih dari bawang merah goreng adalah perbedaan yang membuat rasanya berbeda. Berikut ini resepnya yang cukup praktis dan sederhana untuk Anda praktekan di rumah.

Bahan-Bahan dan Bumbu:

  1. Mie basah, 250 gram. Pilih mie berkualitas, teliti dalam membeli karena saat ini banyak mie berformalin yang sulit dibedakan dengan mie tanpa bahan pengawet tersebut. Seduh mie dengan air panas. Namun, jika Anda ingin menggunakan mie kering, seperti mie yang diambil dari mie instan bisa Anda rebus terlebih dahulu. Kemudian, tiriskan.
  2. Sayuran, pilihannya bisa disesuaikan dengan selera. Namun, sayuran yang umum dalam membuat mie goreng khas Jawa ini antara lain:
  • Taoge, 100 gram. Bersihkan, buang bagian akar dan bungkus biji warna hijau yang biasa berada di bagian kepalanya.
  • Daun kol, 2 lembar. Bisa diiris halus maupun dipotong atau disobek-sobek. Tergantung selera Anda.
  1. Udang, 100 gram. Cuci, bersihkan, dan kupas.
  2. Daging ayam, 150 gram. Rebus, kemudian potong dadu. Bisa juga, setelah direbus, kemudian goreng. Selanjutnya, suwir-suwir.
  3. Daun bawang, 2 batang. Iris tipis, halus.
  4. Seledri, 1 batang. Iris tipis, halus.
  5. Kecap manis kental, 2 hingga 3 sendok makan.
  6. Kaldu ayam, 150 cc.
  7. Minyak goreng secukupnya.
  8. Bumbu halus:
  • Kemiri, 3 buah. Sangrai atau goreng terlebih dahulu.
  • Bawang putih, 3 siung.
  • Merica bulat, 1 sendok teh.
  • Garam, ½ sendok teh.
  1. Bawang merah goreng, 1 sampai 2 sendok makan untuk taburannya.

Cara Membuat:

  1. Panaskan minyak secukupnya.
  2. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan hingga warnanya berubah dan aromanya tercium.
  3. Kemudian, masukan udang dan daging, jika Anda menggunakan daging ayam rebus yang tidak di suwir. Tumis sampai udangnya matang.
  4. Tuangkan kaldu, aduk, dan biarkan hingga mendidih.
  5. Tambahkan sayurannya, dengan kol dan mie terlebih dahulu. Aduk rata.
  6. Beri kecap dan masukan taoge, daun bawang, seledri, serta suwiran ayam jika Anda menggunakan suwiran tersebut. aduk secara merata.
  7. Biarkan kaldu hais dengan bumbu yang menyerap ke dalam mie, udang, ayam, serta sayurannya.
  8. Jika sudah matang, angkat dan tuang ke dalam piring.
  9. Taburkan bawang goreng di atasnya.

Resep ini juga merupakan resep alternatif jika Anda ingin membuat mie goreng dalam rasa yang lain untuk sajian keluarga di rumah. Bagi Anda, yang orang Jawa mungkin akan mudah menemukan penjual mie goreng ini baik itu di warung tenda, rumah makan, maupun restoran. Cara penyajiannya pun ada yang khas yaitu dibungkus menggunakan daun pisang. Jika Anda penasaran dan ingin mencobanya agar berasa menikmati langsung di daerah Jawa-nya, bisa juga mencoba menyajikannya dalam bungkus daun pisang tersebut. Jika ingin mencoba kreasi mie lainnya dari berbagai daerah di Indonesia, Anda harus mencoba membuat mie Aceh. Sajian mie yang tidak akan pernah Anda temukan di negara lain ini merupakan salah satu kuliner kebangaan Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*