Kreasi Sajian Hangat Resep Soto Lamongan

Gambar Resep Soto Lamongan

ResepMedia.com – Mengenal soto dan membuat sendiri resep soto lamongan di rumah. Siapa sangka jika soto yang kita kenal sebagai makanan hangat berkuah tersebut merupakan makanan yang dimasak dari hasil perpaduan tiga budaya yaitu Cina, India, dan indonesia. Bahkan, penamaan kata soto sendiri merupakan rujukan dari Caudo yang merupakan masakan asal Tionghoa yang paling terkenal saat itu di Semarang. Pelafalan Caudo kemudian berubah menjadi soto oleh orang Indonesia. Jika Anda pernah mendengar orang Makassar atau Pekalongan menyebutkan soto dengan kata coto, ini juga bisa menjadi salah satu bukti pelafalan tersebut yang memang tidak jauh dari kata caudo tersebut.

Penggunaan kunyit pada beberapa jenis soto merupakan salah satu ciri adanya budaya India dalam masakan tersebut.Dan kini, dengan budaya Indonesia masakan ini pun dikreasikan bumbunya dengan rempah-rempah asli nusantara begitu juga dengan penggunaan bahan-bahan yang menjadi pelengkapnya. Lamongan sebagai salah satu daerah yang juga memberikan warna tersendiri dalam menu soto ini mempunyai ciri khas. Selain kuahnya kuning, dalam soto ini terdapat koya. Koya merupakan bumbu yang hanya ada dalam pembuatan resep soto lamongan. Koya tersebut merupakan bubuk bawang putih dan biasa menjadi pelengkap dalam hidangan soto Lamongan berikut nasi, telur, ayam, uritan, dan soun. Penyajiannya pun ada yang disatukan bersama nasinya langsung, da nada juga yang disajikan secara terpisah. Berikut resep enak soto lamongan untuk Anda yang penasaran dan ingin mencoba membuatnya di rumah.

Bahan dan Bumbu Soto Lamongan:

  1. Daging ayam, 1 ekor. Potong menjadi beberapa bagian kecil.
  2. Air, 1.5 liter.
  3. Serai, 3 batang. Memarkan.
  4. Daun jeruk, 6 lembar.
  5. Garam, 2 sendok teh.
  6. Merica bubuk, 1 sendok teh.
  7. Gula pasir, 1 sendok teh.
  8. Penyedap rasa, secukupnya. Untuk hasil masakan yang lebih sehat, lewati bahan yang satu ini.
  9. Minyak goreng untuk menumis, secukupnya.

Bumbu yang dihaluskan:

  • Bawang merah, 8 siung.
  • Bawang putih, 6 siung.
  • Jahe, 1 ruas.
  • Kunyit, 1 ruas. Bakar terlebih dahulu dan buang bagian kulitnya.
  • Kemiri, 4 butir. Sangrai terlebih dahulu.

Bahan pelengkap:

  • Soun, 50 gram. Rendam terlebih dahulu menggunakan air panas hingga lembek,
  • Kol, 100 gram. Cuci bersih dan iris tipis.
  • Taoge, 100 gram. Bersihkan bagian akar dan kepalanya. Cuci bersih, bisa juga direndam sebentar dengan air panas.
  • Seledri, 2 batang. Iris tipis.
  • Tomat segar, 2 buah. Bisa dibelah kemudian diiris atau potong bentuk dadu.
  • Telur ayam rebus, 3 butir. Potong masing-masing menjadi 4 bagian atau sesuai selera.
  • Bawang merah goreng.

Cara Membuat Soto Lamongan:

  1. Siapkan panci ukuran besar. Panaskan air dan rebus ayamnya hingga empuk dan air kaldunya Anda dapatkan.
  2. Sambil menunggu air kaldunya jadi, siapkan wajan. Panaskan minyak dan tumis bumbu yang sebelumnya telah dihaluskan. Tumis hingga aromanya tercium.
  3. Masukkan daun jeruk dan serai ke dalam tumisan bumbu. Aduk terus dan masak bumbu hingga kering.
  4. Tuangkan bumbu yang sudah matang ke dalam ayam yang sedang didihkan tadi. Aduk kembali.
  5. Masukkan bumbu lainnya seperti garam, merica, gula pasir, serta penyadap rasa jika Anda menggunakannya. Cicipi hingga Anda mendapatkan rasa yang diinginkan.
  6. Setelah mendidih dengan ayam yang matang dan bumbu yang meresap, Anda bisa segera matikan api. Angkat dan soto pun siap disajikan.
  7. Siapkan mangkuk saji. Tata bahan pelengkap seperti soun, kol, taoge, dan tomatnya. Kemudian, siramkan kuah dan ambil juga bagian daging ayamnya. Taburi dengan irisan seledri dan bawang goreng. Tata juga beberapa potong telur rebus di bagian atasnya.

Begitu cepat dan mudah membuat soto Lamongan. Anda bisa menjadikan menu yang satu ini sebagai salah satu menu makan malam terutama di musim dingin. Untuk pelengkap lainnya, Anda juga bisa menambahkan suwiran daging ayam, kentang goreng, emping, kecap manis, dan sambal bagi pecinta masakan pedas. Soto Lamongan merupakan salah satu makanan khas Jawa Timur dari kota tersebut selain nasi boranan, tahu campur, dan wingko babat. Soto Lamongan merupakan yang paling terkenal karena memang mengeyangkan dan enak. Namun, resep tahu campur Lamongan juga tidak kalah lezat dan wajib Anda coba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*