Kue Semprit: Kue Menarik Dengan Bentuk Bunga Sebagai Fondasinya

Gambar Resep Kue Semprit

ResepMedia.com – Pernah mendengar kue semprit? Kue ini termasuk ke dalam golongan kue kering yang renyah, dan pastinya sangat cocok untuk diperlakukan sebagai pengisi toples yang nantinya bakal dihidangkan pada saat lebaran. Walau konon tidak terlalu populer, namun kue semprit merupakan hidangan ringan yang rasanya tidak salah bila dihidangkan di meja tamu saat lebaran tiba. Anak-anak akan mudah menyukainya oleh karena teksturnya yang garing dan kerenyahan yang tak menyakitkan. Pendek kata, kue semprit sangat mudah disukai siapa saja, dan bukan hanya anak-anak yang bakal menyukainya. Bentuk kue semprit juga tidak kalah menarik serta enak dipandang. Kenapa demikian?

Tidak lain adalah karena bentuknya yang menyerupai bunga yang dibentuk sedemikian rupa dengan menambahkan pemanis di bagian tengahnya. Ya, bagian tengah kue semprit diberi tambahan berupa selai manis berwarna yang berfungsi sebagai hiasan. Itulah mengapa kue ini juga sering disebut sebagai kue bunga. Rasanya yang gurih serta bentuknya yang bagus membuat kue semprit menjadi panganan kering yang mudah disukai. Walaupun Anda bisa membeli kue tersebut dengan mudah, terutama pada saat-saat menjelang lebaran, namun tidak ada salahnya bila Anda ingin membuat kue semprit dengan cara mandiri. Apa saja yang harus dipersiapkan?

Bahan-bahan Utama Kue Semprit

Diperlukan banyak bahan utama untuk membuat kue semprit, meski kami yakin semuanya sangat mudah ditemukan di pasar tradisional maupun di supermarket dekat rumah Anda. Dan inilah bahan-bahan yang mesti Anda persiapkan:

  • Margarin dalam jumlah yang cukup.
  • Bubuk vanilla sebanyak 2 sendok teh.
  • Garam sebanyak satu sendok teh.
  • Telur ayam sebanyak tiga butir. Ambil bagian putihnya saja.
  • Telur ayam sebanyak lima butir. Ambil bagian kuningnya saja.
  • Coklat bubuk sebanyak 150 gram.
  • Gula pasir halus sebanyak 400 gram.
  • Mentega sebanyak 400 gram.
  • Tepung maizena sebanyak 150 gram.
  • Tepung terigu sebanyak 500 gram.

Yang perlu diingat ketika mempersiapkan bahan utama kue semprit adalah: pilihlah telur ayam yang masih segar. Kesegaran telur ayam akan membantu Anda memperoleh hasil yang maksimal.

Langkah-langkah Membuat Kue Semprit

Ada beberapa langkah untuk membuat kue semprit:

  • Persiapkan wadah bersih. Masukkan mentega ke dalamnya, kemudian tambahkan gula putih sebanyak separuh takaran yang telah dipersiapkan (yang berarti sebanyak 200 gram), kemudian cocok keduanya sampai mengembang. Setelahnya Anda bisa memasukkan kuning telur dan kocok semua bahan sampai merata.
  • Masukkan vanilla, terigu, dan maizena ke dalam adonan dan campur sampai merata. Anda perlu memperhatikan bentuk adonan, dalam arti jangan sampai adonan menjadi terlalu keras agar gampang dicetak.
  • Siapkan wadah lain dan masukkan sisa gula halus dan putih telur yang sudah dipersiapkan. Kocok semua bahan sampai merata, kemudian campurkan adonan ini ke dalam adonan yang dimaksud pada nomor 2. Masukkan adonan ke dalam plastik “spuit” yang ujungnya berbentuk bintang.
  • Ambil loyang kemudian olesi margarin di atasnya. Semprot adonan ke atasnya sampai membentuk bunga mawar. Setelahnya Anda bisa menambahkan selai warna apa saja (tergantung selera, namun biasanya merah). Habiskan adonan.
  • Adonan sudah siap, dan kemudian Anda perlu memanaskan oven pada suhu 150 derajat. Masak adonan selama 15-20 menit.
  • Setelahnya angkat kue yang sudah masak dan dinginkan untuk beberapa saat.

Kendati terlihat cukup rumit, namun pada dasarnya kue semprit merupakan jenis kue kering yang sangat mudah untuk dibuat. Yang dibutuhkan adalah sedikit kreativitas serta keberanian untuk mencoba hal baru. Bila Anda ingin berkreasi dengan bahan utama kue semprit, Anda bisa menambahkan coklat, sagu, maupun keju. Bila memilih coklat, maka Anda akan mendapatkan kue semprit coklat, dan seterusnya. Oh ya, pada dasarnya langkah-langkah pembuatan kue semprit sangat mirip dengan langkah-langkah pembuatan kue nastar. Dengan kata lain, Anda juga bisa mempelajari bagaimana membuat kue nastar hanya dengan mempelajari langkah-langkah pembuatan kue semprit. Pada akhirnya, kebahagiaan membuat kue lebaran menjadi bentuk kesenangan tersendiri, yang mana Anda bisa menghabiskan waktu bersama keluarga membuat kue untuk orang-orang tercinta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Resep Masakan