Membuat Kue Pancong Dengan Taburan Variatif

Gambar Resep Kue Pancong

ResepMedia.com – Pernahkah Anda mendengar sebuah nama kue seperti kue pancong? Kue yang satu ini sangat terkenal di bumi betawi dan memang berasal dari sana. Kendati demikian, namanya yang sangat terkenal membuat kue pancong mudah diakrabi siapa saja. Jadilah kue tersebut sebuah hidangan penutup yang juga dikenal baik di luar bumi betawi. Pada dasarnya kue pancong adalah kue yang sangat sederhana, oleh karena ia dibuat dari bahan dasar yang juga mudah ditemukan di pasar tradisional. Anda hanya membutuhkan tepung beras dan kelapa parut untuk membuat kue yang rasanya sangat gurih dan enak. Harga untuk satu buah kue pancong juga tergolong murah sehingga cocok sebagai hidangan sela bagi mereka yang mendambakan camilan lezat. Lebih dari itu, kue pancong juga bisa dihidangkan bersamaan dengan makanan ringan lain seperti tempe goreng, misalnya.

Karena sifatnya yang sangat fleksibel, membuat kue pancong akan menjadi kegiatan yang sangat mudah dilakukan. Siapa saja bisa membuatnya dengan cepat dan aman, serta tanpa memerlukan banyak peralatan dapur yang berat. Artikel ini akan memandu Anda dengan langkah-langkah memasak kue pancong dengan cara yang benar untuk mendapatkan hasil yang lezat.

Bahan-bahan Kue Pancong

Sebagaimana yang sudah disebut di atas, bahan-bahan untuk memasak kue pancong bisa didapatkan dengan mudah di supermarket maupun pasar tradisional. Anda perlu berbelanja bahan-bahan seperti yang tercantum di bawah ini:

  • Tepung beras sebanyak 250 gram (tidak bisa diganti dengan bahan lain)
  • 600 ml santan. Carilah santan yang kental.
  • Kelapa parut sebanyak 250 gram.
  • Garam sebanyak satu sendok teh.
  • Mungkin sebaiknya Anda menambahkan satu opsi bahan lagi seperti keju, misalnya. Keju akan menambah citarasa ke dalam kue pancong, dalam arti menjadikannya semakin gurih dan enak. Dan rasanya tidak rugi bila Anda menambahkan parutan keju untuk ditaburkan ke atas kue pancong.

Selain keju, Anda juga bisa memilih taburan lain seperti kacang tanah halus. Pertama-tama Anda mesti menumbuk kacang tanah hingga halus dan kemudian menggunakannya sebagai bahan taburan yang sama seperti keju. Sama seperti keju, kacang tanah halus memberikan cita rasa yang lebih gurih. Karena itulah tidak terlarang bagi Anda untuk menambahkan variasi lain ketika memasak kue pancong. Tak pelak ini adalah soal bagaimana Anda berkreasi dengan bahan-bahan tambahan lain.

Langkah-langkah pembuatan kue pancong

Setelah bahan-bahan tersedia, apa yang perlu Anda lakukan kemudian adalah mengikuti langkah pembuatan kue di bawah ini:

  • Hal pertama yang mesti Anda lakukan adalah mencampur kelapa parut dengan garam dan tepung beras yang sudah tersedia. Siapkan loyang maupun wadah untuk mancampurnya dengan cara mengaduk-aduk semua bahan (kecuali keju atau bahan taburan lain) sampai menyatu dan rata.
  • Setelah semua bahan menyatu dan tercampur rata, Anda perlu menambahkan santan ke dalam adonan. Sebelumnya Anda perlu merebus santan terlebih dahulu, namun jangan biarkan santan pecah. Setelahnya Anda bisa mencampur santan ke dalam adonan secara pelan-pelan. Campurkan santan ke dalam adonan sampai keduanya benar-benar menyatu.
  • Setelah adonan dan santan tercampur, yang harus Anda lakukan kemudian adalah menyiapkan cetakan kue pancong. Panaskan kemudian olesi mentega di atas permukaan cetakan.
  • Setelah memanas, mulailah memasukkan adonan ke dalam cetakan, tunggu sampai adonan setengah matang. Setelahnya Anda bisa menaburkan baik kacang tanah maupun keju parut yang telah disiapkan (tergantung selera Anda).
  • Tunggu hingga matang dan kue pancong siap Anda sajikan di atas meja.

Sebagaimana telah Anda lihat, kue pancong sangat mudah dibuat dan pada dasarnya merupakan kue rumahan yang bisa dibuat dalam waktu kurang dari sejam. Kemudian, Anda juga bisa memodifikasi resep pancong dengan cara menambahkan taburan seperti kacang tanah halus maupun keju parut guna menambah kekayaan rasa dari sebuah kue tradisional. Pendek kata, resep yang mudah dan murah serta sangat mementingkan cita rasa tradisional, seperti kue pancong, adalah pilihan bagi mereka yang gemar membuat sesuatu yang mudah dikonsumsi keluarga dalam saat-saat santai. Baik pagi maupun sore hari, teman ngopi atau ngeteh, kue pancong bisa memberikan Anda rasa gurih yang kuat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Resep Masakan