Menyiapkan Kue Pukis Lezat: Kuncinya Adalah Taburan Yang Sesuai Selera

Gambar Resep Kue Pukis

ResepMedia.com – Banyak orang mengatakan bahwa Banyumas adalah daerah asal kue pukis. Di sanalah kue tersebut pertama kali dibuat. Memang pada dasarnya orang bisa dengan mudah menemukan kue pukis di daerah Banyumas, oleh karena banyaknya gerobak penjual kue tersebut. Anda bisa dengan mudah menemukan penjual kue pukis di pinggir jalan maupun di sudut kota tempat keramaian tersedia. Kendati demikian, kue pukis juga bisa dengan mudah di daerah lain di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Dengan fakta tersebut, kue pukis menjadi panganan ringan yang mudah ditemukan di mana saja. Rasanya yang manis dan teksturnya yang empuk menjadikan kue pukis sebagai sebuah panganan ringan yang bisa disantap sore maupun pagi hari. Anda pun bisa membuatnya sendiri menggunakan resep kue pukis.

Ya, resep kue pukis adalah sesuatu yang ingin kami jabarkan di sini. Resep tersebut akan disediakan bagi Anda yang ingin merepotkan diri dengan cara yang menyenangkan. Maksudnya, membuat kue pukis dengan cara mandiri tentu saja bakal sangat menyenangkan bagi sebagian orang yang senang menghabiskan waktu di dapur mencoba berbagai macam resep. Lebih jauh lagi, membuat kue pukis adalah pekerjaan yang sangat mudah. Berikut bahan-bahan yang harus dipersiapkan serta langkah-langkah yang harus diikuti.

Bahan-Bahan Yang Mesti Dipersiapkan

Kue pukis bukanlah sejenis kue yang dimasak dengan bahan-bahan rumit serta membutuhkan peralatan masak high-end. Dengan kata lain, kue tersebut adalah kue sederhana, sehingga Anda bisa menghindarkan diri dari kerepotan yang tidak perlu ketika membuat kue pukis. Dan berikut bahan-bahan yang mesti dipersiapkan:

  • Air hangat sebanyak 60 ml
  • Ragi instan sebanyak setengah sendok makan
  • Tepung terigu sebanyak 150 gram
  • Telur ayam sebanyak tiga butir
  • Santan sebanyak 180ml
  • Gula pasir sebanyak 100 gram

Sebanyak enam buah bahan harus Anda persiapkan sebelumnya. Namun perlu diingat bahwa apa yang menarik dari kue pukis adalah topping-nya yang bisa divariasi sesuka hati. Di titik itu, Anda bisa memilih kacang tanah halus, kismis, nangka, taburan keju parut, meises, kacang mete halus, maupun bahan lain. Anda bisa menyesuaikan taburan dengan selera pribadi, dan apapun yang Anda pilih kemudian akan memperkaya kue pukis yang ingin Anda buat.

Langkah-langkah Pembuatan Kue Pukis

Setelah mempersiapkan bahan-bahan utama berikut topping-nya, Anda bisa melakukan langkah-langkah berikut ini:

  • Siapkan panci untuk merebus santan. Hidupkan kompor dan tuangkan santan ke dalamnya. Masak sampai santan mendidih. Di sela-sela proses pendidihan, aduklah santan perlahan-lahan supaya tidak pecah. Angkat dan diamkan santan selama beberapa saat setelah mendidih.
  • Siapkan wadah untuk ragi, kemudian campur bahan tersebut dengan air hangat yang telah disiapkan sebelumnya.
  • Tambahkan telur dan gula ke dalam wadah campuran ragi, kemudian kocok semua bahan sampai menyatu.
  • Tuangkan santan ke atas bahan campuran telur, gula, dan ragi, kemudian aduk sampai rata. Diamkan adonan selama 15 menit, setelah semua bahan tercampur.
  • Ambil cetakan pukis dan siapkan kompor. Olesi mentega ke atas cetakan terlebih dahulu. Tunggu sampai cetakan memanas, baru tuang adonan ke dalamnya.
  • Masak sampai setengah matang, kemudian taburkantopping di atasnya. Lanjutkan proses memasak sampai bagian pinggir kue mengering.

Praktis dan mudah, bukan? Satu tips yang mesti dicermati adalah: buatlah adonan dengan kekentalan yang cukup, supaya tekstur adonan nantinya menghasilkan kue pukis yang cukup empuk untuk dinikmati bersama. Jangan sampai adonan terlalu kental, namun jangan sampai adonan terlalu encer pula.

Pada dasarnya membuat kue pukis juga adalah soal bagaimana Anda mengatur rasa dengan menempatkan topping yang tepat. Oleh karenanya Anda bisa menyesuaikan taburan dengan selera, dan yang paling penting: Anda mesti memilih bahan yang mudah dimasak dan mudah didapatkan di supermarket maupun pasar tradisional. Buah-buahan segar kesukaan Anda (yang dipotong kecil-kecil) juga bisa menjadi pilihan taburan yang menyenangkan. Jangan khawatir, Anda bisa berkreasi dengan banyak pilihan taburan, yang tidak hanya terbatas pada bahan-bahan konvensional seperti kacang maupun kismis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*