Pedasnya Resep Rica-Rica Manado

ResepMedia.com Resep rica-rica daging ayam yang pedas dan enak. Jika Anda datang ke restoran atau rumah makan yang menyediakan menu makanan pedas, pasti ayam rica-rica akan Anda temukan disana. Rasa pedas yang khas dengan berbagai pilihan olahan. Ada yang mengolahnya dengan rasa pedas murni namun ada juga yang mengkombinasikannya dengan rasa asam manis. Semua tergantung selera. Nama rica-rica yang digunakannya adalah daya tarik yang membuat banyak orang penasaran ingin mencoba menu yang satu ini.

Gambar Resep Rica-Rica Manado

Sebetulnya, resep rica-rica tersebut ternyata tidak sembarangan diciptakan. Makanan ini berasal dari Manado dan merupakan salah satu makanan khas Indonesia dari Sulawesi Utara. Rica sebagai namanya yang unik berasal dari bahasa daerah Manado yang berarti cabai atau pedas. Penamaan yang dipilih sesuai gambaran rasa dari resep ayam rica-rica tersebut. Jika Anda datang ke Manado, maka Anda wajib mencoba menu unik yang satu ini. Untuk Anda yang penasaran namun di tempatnya tidak ada restoran atau rumah makan yang menyajikan menu ini, Anda dengan mudah bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah. Menu ini cocok untuk makan siang atau makan malam. Enak disajikan selagi hangat ditemani nasi putih, taburan bawang goreng, serta mentimun segar. Untuk penyuka pedas, membuat sendiri bisa menjadi solusi jika Anda belum menemukan pedas yang pas dari ayam rica-rica yang selama ini Anda temukan di luaran. Anda pun bisa berkreasi tidak hanya dengan daging ayam saja. Anda bisa mengganti dagingnya dengan daging sapi, kambing, domba, itik, atau telur rebus.

Bahan dan Bumbu Rica-Rica:

  1. 1 ekor ayam, cuci bersih dan potong-potong hingga menjadi berapa bagian. Varian daging bisa disesuaikan dengan selera.
  2. Air, secukupnya.
  3. 2 batang serai, memarkan.
  4. 1 buah jahe, geprek atau memarkan.
  5. 9 lembar, daun jeruk nipis.
  6. Garam, secukupnya.
  7. Gula, secukupnya.
  8. Penyedap rasa, secukupnya. Hilangkan bumbu ini untuk masakan yang lebih sehat, sesuai selera Anda.
  9. Minyak goreng, secukupnya.
  10. Bumbu yang dihaluskan:
  • 4 siung, bawang putih.
  • 4 siung, bawang merah.
  • 10 buah. cabai rawit segar. Lebih banyak lebih pedas, tambahkan atau kurangi jumlahnya sesuai selera Anda.
  • 5 buah, cabai merah atau caai hijau segar. Sama seperti cabai rawit, jumlahnya tergantung selera Anda.

Cara Membuat Rica-Rica

  1. Masak ayam yang telah dibersihkan dan dipotong-potong tersebut dengan cara merebusnya menggunakan air hingga setengah matang. Angkat, tiriskan, dan sisihkan.
  2. Panaskan waja, beri minyak secukupnya untuk menumis bumbu yang telah dihaluskan. Tumis bumbu yang telah dihaluskan tersebut sampai aromanya tercium.
  3. Masukkan ayam yang telah disisihkan tadi, kemudian aduk secara merata. Aduk dan masak agar bumbu meresap.
  4. Tuangkan air secukupnya untuk mempermudah bumbu tersebut meresap. Kemudian, masukkan juga serai dan daun jeruk. Aduk kembali hingga semua bahan dan bumbunya tercampur.
  5. Tambahkan garam dan gula, cicipi hingga rasanya sesuai dengan yang Anda harapkan.
  6. Setelah daging matang dan teksturnya empuk, Anda bisa mematikan api.
  7. Siapkan piring saji. Tuang ayam rica-rica yang sudah jadi.
  8. Lebih nikmat, taburi bagian atasnya dengan bawang goreng dari beri irisan mentimun di bagian pinggirnya.

Makanan Manado memang dikenal pedas-pedas. Jika Anda tidak begitu menyukai pedas namun penasaran dengan rasa rica-rica ini, selain mengurangi jumlah rawitanya, Anda bisa menambahkan saos tomat atau potongan tomat segar agar rasanya tidak terlalu pedas. Langkah pembuatannya yang mudah bisa dijadikan alternatif menu jika Anda sedang terburu-terburu. Karena bisa disajikan dalam porsi besar dengan 1 ekor ayam, menu ini juga bisa jadi hidangan utama saat acara keluarga seperti pesta, hajatan, pengajian, arisan, atau hari raya Idul Fitri, Natal, dan tahun baru. Untuk mencoba resep olahan ayam lainnya, coba juga resep ayam penyet yang tidak kalah pedasnya. Daging ayam mengandung protein yang tinggi, selain itu cabai dengan rasa pedasnya juga mengandung vitamin C. Walaupun demikian, jangan sampai berlebihan menggunakan cabainya. Secukupnya saja agar Anda tidak sakit perut. Sehingga, Anda bisa mendapatkan kandungan vitamin dari cabai tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*