Pulen dan Nikmat Resep Nasi Megono Pekalongan

Gambar Resep Nasi Megono

ResepMedia.com Resep nasi megono pilihan dalam menyajikan nasi dengan rasa yang lebih nikmat dan penampilan unik. Kreasi kuliner dari nasi, yang memang menjadi makanan pokok masyarakat Indonesia begitu banyak. Setiap daerah memiliki sajian khas dari nasi tersebut. Salah satu yang paling khas dan unik adalah nasi megono. Berasal dari kota Batik, Pekalongan. Nasi ini menjadi salah satu daya tarik populer bagi wisatawan yang penasaran dengan kulinernya. Perbedaan nasi ini dengan kreasi resep nasi lainnya ada pada urap nangka yang menjadi campurannya. Nasi ini pun setelah siap biasanya akan dihidangkan dengan gulai kambing. Cara memasaknya sama dengan cara memasak nasi biasa, yaitu di kukus. Rasanya begitu gurih karena di bagian atasnya akan ditaburi parutan kelapa. Masyarakat di Pekalongan, kerap menjadikan nasi megono sebagai menu saat sarapan. Untuk sehari-hari, biasanya lauk pelengkapnya hanya ayam dan tempe goreng saja.

Resep tradisional nasi megono pun sangat nikmat jika dinikmati dengan cara yang tradisional juga. Yaitu, menggunakan daun pisang sebagai pincuk atau bungkusnya, piringnya. Jika Anda datang ke Pekalongan, Anda bisa menemukan menu ini di warung, rumah makan, hingga restoran dengan sajian khas kota Pekalongan-nya. Namun, untuk Anda yang belum pernah datang ke sana, atau pernah datang tetapi tidak sempat menikmatinya, bisa juga membuatnya di rumah. Caranya begitu mudah untuk Anda ikuti dengan waktu memasak yang terhitung cepat. Resep nasi megono yang paling utama adalah membuat urap nangka mudanya. Berikut bahan dan cara membuatnya tersebut.

Bahan Utama Membuat Nasi Megono

  1. Nangka muda atau gori, 1,5 kg. Pilih yang benar-benar muda untuk hasil masak dengan tekstur yang empuk dan lembut. Jika sudah keras, hasil masaknya jadi kurang enak.
  2. Kelapa parut, 1 buah. Pilih kelapa yang masih muda, jangan terlalu tua.
  3. Bawang merah, 5 siung diiris tipis.
  4. Cabai hijau, 5 buah. Iris tipis.
  5. Cabai merah, 5 buah. Iris tipis.
  6. Cabai rawit, 5 buah. Iris tipis. Jumlah bisa disesuaikan jika Anda ingin rasa pedas maka bisa menambahkan jumlahnya.
  7. Bunga kecombrang.
  8. Daun salam, 3 lembar.
  9. Bumbu yang harus dihaluskan:
  • Bawang merah, 4 siung.
  • Bawang putih, 2 siung.
  • Kemiri, 3 butir. Goreng atau sangrai terlebih dahulu.
  • Lengkuas, 1 ruas.
  • Kencur, 1 ruas.
  • Daun jeruk, 2 lembar.
  • Terasi, 1 sendok makan. Perkirakan jumlahnya sesuai selera. Bagi yang tidak menyukainya, bisa menghilangkan bahan ini.
  • Merica bulat, 1 sendok teh.
  • Ketumbar bulat, 1 sendok teh.
  • Garam, secukupnya.

Proses Memasak dan Cara Menyajikan Nasi Megono

  1. Siapkan kukusan nasi.
  2. Masukkan ke dalam kukusan tersebut semua bahannya, termasuk yang diiris maupun dihaluskan. Masukkan tanpa dicampur setelahnya.
  3. Kukus semua bahan tersebut sekitar 30 sampai 40 menit, sampai semua bahan matang.
  4. Jika semua bahan sudah matang, angkat dan tempatkan dalam wadah yang cukup besar. Baru, kemudian Anda bisa mengaduk semua bahan tersebut.
  5. Sambil mengaduk atau mencampurnya, Anda bisa sambil mencicipinya. Jika kurang asin, bisa sekalian menambahkan garam.
  6. Siapkan piring, tata nasi putih di bagian tengah dengan porsi sesuai yang Anda butuhkan. Tata urap nangka muda yang sudah jadi tadi di bagian pinggiran atau atasnya. Lengkapi dengan lauk seperti tempe atau tahu goreng, ayam goreng, ikan asin, pindang telur, telur asin, telur dadar, hingga kerupuk. Taburi juga di bagian atasnya dengan bawang goreng atau serundeng kelapa untuk hasil yang lebih gurih. Jika ingin rasa yang pedas, bisa juga berikan pelengkapnya sambal. Beri irisian mentimun atau tomat untuk porsi makan yang lebih seimbang dengan sayur serta membuat penampilannya lebih menarik.

Ternyata, untuk hidangan khas tersebut Anda tidak perlu jauh-jauh datang ke Pekalongan langsung. Membuat di rumah tentu saja dalam bumbu hingga bahan selain bisa disesuaikan dengan selera, semua kualitas bahannya juga lebih terjamin. Selain nasi megono, lumpia semarang merupakan resep yang berasal dari Semarang, Jawa Tengah yang wajib Anda coba juga di rumah. Makanan populer ini bisa menjadi salah satu menu yang Anda sajikan saat berbuka puasa. Lebih sehat dibandingkan gorengan karena berisi sayuran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*