Rahasia Resep Sambal Terasi yang Pedas dan Enak

Gambar Resep Sambal Terasi

ResepMedia.com – Siapa yang tak suka sambal? Bisa dipastikan hampir semua orang Indonesia menyukai masakan yang pedas. Bahkan banyak di antaranya yang tak bisa lepas dari cabai. Entah sejak kapan kebiasaan ini dimulai, kemungkinan dari nenek moyang, hingga saat ini kita tak bisa lepas dari salah satu pelengkap makanan ini. Bahkan beberapa di antaranya ada yang tak bisa makan apabila tidak diiringi dengan sambal.

Banyak varian sambal di Indonesia, ini untuk memuaskan salah satu hasrat selera kuliner orang kita yang tak bisa lepas dari sambal. Salah satu sambal yang paling dikenal adalah sambal terasi. Bahkan resep sambal terasi ini sendiri ini juga masih terbagi menjadi beberapa macam jenis sambal terasi. Bahkan di setiap daerah memiliki racikan sambal terasinya yang berbeda-beda, seperti sambal terasi Sunda dan sambal terasi dari daerah lain. Namun pada dasarnya sambal ini sama-sama menggunakan bahan dasar terasi, namun hanya cara pengolahannya dan pencampuran bahannya saja yang berbeda, sehingga akan membuat rasa yang kaya dan beragam.

Terasi juga ada yang menyebutnya sebagai belacan yang mana ini terbuat dari bahan dasar berupa ikan dan udang rebon yang kemudian diproses dengan cara difermentasikan. Maka dari itu kita sering mengenal ada yang namanya terasi udang dan juga terasi ikan. Cara membuat terasi ini juga masih sangat tradisional, ini yang membuat cita rasa terasi menjadi berbeda dari bahan masakan lainnya. Bahan dasar berupa udang atau ikan dijemur hingga setengah kering, lalu ditumbuk dan digiling. Dibungkus menggunakan daun, dibiarkan selama satu hari, dibentuk dan disimpan dalam kurun waktu 1 – 4 minggu. Aromanya yang sedap dan khas, menjadikan terasi bumbu dapur yang tak kalah populer dari bumbu dapur lainnya. Di bawah ini akan dibahas bagaimana cara memasak resep sambal terasi yang pedas dan enak dengan cara yang mudah. Resep sambal ini merupakan sambal terasi standar yang bisa diikuti oleh semua orang, bukan sambal terasi dari daerah yang menggunakan bahan-bahan yang berbeda. Untuk mulai membuatnya, simak bahan dan langkah-langkahnya di bawah ini.

Bahan yang Disiapkan:

  • 17 buah cabai keriting merah;
  • 20 buah cabai rawit merah;
  • 3 siung bawang putih;
  • 4 siung bawang merah;
  • 1 buah tomat yang sudah dipotong;
  • 2 sendok teh terasi udang yang sudah dibakar;
  • ½ sendok teh garam;
  • 2 sendok teh gula merah;
  • 1 sendok teh air jeruk limau;
  • 3 sendok makan minyak goreng.

Setelah Anda menyiapkan semua bahan utama di atas, maka berikutnya adalah langkah untuk membuat sambal terasi yang enak dan pedas dengan mudah.

  1. Siapkan wajan untuk menumis, tuang minyak goreng dan panaskan.
  2. Setelah minyak goreng dirasa panas, masukkan dan tumis bawang putih, bawang merah, cabai merah, dan cabai rawit hingga harum dan setengah layu. Setelah dirasa layu, maka Anda bisa memasukan tomat, lalu angkat.
  3. Siapkan munthu dan cobek, lalu masukkan bahan-bahan yang telah ditumis layu tadi hingga ke semua bahannya benar-benar setengah halus.
  4. Siapkan terasi yang telah dibakar, masukan ke dalam adonan bumbu yang setengah halus tadi, sedikit garam, juga gula merah. Anda bisa menambahkan bahan-bahan tadi sembari mengolah bumbu menjadi lebih halus.
  5. Setelah dirasa halus, masukkan tomat juga tambahan perasan air jeruk limau.
  6. Sambal terasi sudah siap untuk Anda hidangkan untuk keluarga Anda.

Cara-cara di atas adalah cara paling mudah untuk membuat sambal terasi yang mudah, enak dan pedas. Membuat sambal terasi yang enak dan pedas memang membutuhkan keseimbangan bahan yang digunakannya, maka dari itu sebelum menyuguhkan ke anggota keluarga, disarankan untuk Anda mencicipi terlebih dahulu olahan sambal Anda agar Anda bisa mencicipi apa yang kurang dari olahan sambal Anda.

Mudah bukan cara membuat olahan sambal terasi seperti di atas. Setelah Anda menguasai tips dan resep sambal di atas, maka anda bisa mencoba resep sambal terasi lainnya, seperti sambal terasi goreng, sambal terasi mentah khas Sunda, sambal terasi plecing khas Lombok, dan masih banyak variasi sambal terasi lainnya yang harus Anda coba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Resep Masakan