Rayakan Lebaran dengan Resep Kastengel Spesial

Gambar Resep Kue Kastengel

ResepMedia.com – Gurihnya resep kastengel untuk sajian kue kering saat hari raya. Sebentar lagi hari raya Idul Fitri tiba. Sebagai salah satu acara pada hari tersebut, biasanya setiap keluarga akan berkunjung pada keluarga lainnya. Baik itu keluarga yang dekat maupun jauh, semuanya akan saling mengunjungi untuk bersilaturahmi. Untuk menyambut kunjungan tersebut, di setiap rumah tidak pernah tidak untuk menyediakan hidangan mulai dari makanan ringan seperti kue-kue, hingga makanan berat seperti ketupat. Karena hal itu juga, setiap tahun di Indonesia, acara membuat kue pun menjadi tradisi dan budaya sendiri. Hal yang juga menjadi cara mendekatkan ibu dan anak.

Sekian banyaknya kue kering yang dibuat, kastengel merupakan yang paling populer. Kue kering yang satu ini memiliki rasa gurih dengan cita rasa khas dari bahan kejunya. Rasanya yang tidak begitu asin, ada sedikit rasa manisnya cocok untuk semua selera. Berikut ini, resep mudah dalam mebuat kastengel untuk Anda praktekan di rumah. Lakukan bersama anak-anak tercinta sambil menunggu waktu berbuka tiba.

Bahan Utama Resep Kastengel

  1. Tepung terigu, 300 gram. Pilih tepung terigun yang berprotein rendah, khusus untuk membuat kue.
  2. Margarin, 185 gram.
  3. Keju edam, 150 gram. Parut dengan parutan khusus keju.
  4. Room butter, 15 gram.
  5. Telur ayam, 3 butir. Ambil bagian kuningnya saja.
  6. Olesan dan taburan:
  7. Kuning telur, 2 butir. Sediakan juga kuas kecil untuk mengoleskannya.
  8. Keju chedar, 75 gram. Parut menggunakan parutan khusus keju.

Cara Membuat Kue Keju atau Kastengel

  1. Siapkan wadah. Kocok margarin dan room butter hingga kedua bahan tercampur dan lembut.
  2. Masukan kuning telur ke dalam adonan tersebut, satu per satu. Lakukan sambil terus kocok adonannya. Kocok adonan hingga semua bahan tercampur merata.
  3. Perlahan-lahan, sedikit demi sedikit, masukan tepung terigunya. Aduk hingga seluruh adonan tercampur.
  4. Pada tahap terakhir, masukan keju edam yang telah diparut. Aduk sebentar. Sebaiknya, jika Anda menggunakan mixer, pada pencampuran keju mixer sudah dimatikan dan aduk menggunakan spatula agar keju tidak hancur.
  5. Selanjutnya, Anda masuk pada proses pencetakan kue. Cetak kue sesuai selera. Namun, untuk memudahkan, Anda bisa mengikuti cara mencetak berikut ini:
  6. Siapkan loyang untuk memanggang kue. Olesi dengan sedikit margarin.
  7. Ambil plastik segitiga yang bisa Anda dapatkan di toko bahan kue. Masukkan adonan kue ke dalam plastik tersebut. Potong bagian ujung plastik tersebut dengan diameter kurang lebih 1 cm.
  8. Semprotkan adonan menggunakan plastik ke dalam loyang. Semprot dari depan ke belakang secara memenjang. Ukurannya kira-kira 3 cm saja agar tidak terlalu besar.
  9. Lakukan hingga adonan habis dengan loyang yang penuh.
  10. Setelah semua adonan selesai dicetak, kocok kuning telur untuk bahan olesannya. Olesi bagian permukaan atas kue tersebut. Gunakan kuas untuk hasil olesan yang rapi.
  11. Taburkan keju chedar parut pada bagian atas kue yang selesai diolesi tersebut.
  12. Kue pun siap untuk dipanggang.
  13. Atur suhu oven pada angka 150o Panggang kue hingga matang kurang lebih 30 menit.
  14. Setelah matang, angkat kue dari dalam oven. Dinginkan terlebih dahulu sebelum kue tersebut ditata ke dalam toples.

Cara yang sangat mudah namun hasilnya mampu memberi Anda banyak peluang. Selain menyajikannya untuk hari raya tersebut, Anda juga bisa menjadikannya peluang usaha. Semakin berkualitas kue kering tersebut dan semakin menarik bentuknya, daya jualnya semakin mahal. Anda bisa membuka usaha kue kering setiap tahun dengan menu utama kastengel tersebut. Pemilihan bahan yang berkualitas dengan ukuran bahan yang tepat merupakan kunci kualitas kue yang Anda buat. Untuk hasil yang menarik, selain mencetaknya dengan bentuk-bentuk unik, penggunaan toples yang cantik pun bisa menjadi salah satu caranya. Jangan takut untuk mencoba membuat kue yang satu ini. Selain resep kastengel, coba juga membuat kue kering lainnya seperti kue putri salju. Kedua kue ini, selain selalu laris manis selain laris manis saat Idul Fitri, juga menjadi bagian dari perayaan Natal. Jadi, dalam satu tahun jika Anda menjadikannya sebagai salah satu peluang bisnis bisa sangat menguntungkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Resep Masakan