Resep Bakso untuk Menu Berbuka Puasa Sehat

Gambar Resep Bakso Sapi

ResepMedia.com Cara membuat bakso sendiri dengan kuah hangat di rumah untuk berbuka puasa. Bakso adalah salah satu kuliner khas di Indonesia. Dimanapun, mudah bagi kita untuk menemukan penjualnya. Namun, membeli dari penjual langsung tentu tidak menjamin kehigenisannya. Apalagi, saat ini telah banyak ditemukan kecurangan yang dilakukan pedagangnya. Tidak hanya penggunaan MSG yang berlebihan lagi, ada juga penggunaan bahan pengawet seperti boraks, saos dari tomat busuk yang dicampur ubi, hingga penggunaan daging celeng sebagai campuran dagingnya. Bakso nikmat yang ternyata di dalamnya penuh dengan ancaman yang berbahaya bagi kesehatan Anda. Akibat hal tersebut, konsumen konsumen khususnya pecinta bakso pun merasa takut saat ingin menikmatinya. Oleh karena itu, resep membuat bakso lebih baik Anda lakukan sendiri di rumah. Cara yang sangat disarankan untuk menikmati bakso yang lebih sehat dengan jaminan kebersihan yang dijaga serta penggunaan bahan pilihan terbaik yang langsung Anda kerjakan sendiri.

Pemilihan resep membuat bakso sendiri sebagai salah satu menu berbuka puasa dinilai sebagian salah satu pilihan tepat. Bakso dengan bahan utama daging mengandung protein yang sehat untuk tubuh. Cara membuatnya pun tidak sesulit yang Anda bayangkan. Anda dapat memasaknya sambil ngabuburit. Selain sebagai menu utama saat berbuka, resep bakso yang disukai anak-anak hingga orang tua ini pun bisa Anda sajikan setelah shalat tarawih sambil berkumpul.

Berikut resep membuat bakso dan kuahnya tersebut.

Bahan Utama Bakso

  1. Tepung kanji atau sagu, 50 gram.
  2. Daging sapi kualitas tinggi, 350 gram.
  3. Bawang putih, 4 siung.
  4. Merica, ½ sdt atau sesuai selera.
  5. Air es, 100 cc.
  6. Garam, 3 sdt atau sesuai selera.
  7. Telur, 1 butir

Bahan Kuah Hangat

  1. Daun bawang, 2 batang dan iris halus. Penggunaan bisa sesuai selera.
  2. Bawang putih, 6 siung.
  3. Garam, 3 sdt atau sesuai selera.
  4. Merica, 1 sdt atau sesuai selera.
  5. Tulang sapi, bisa diambil bagian lututnya sebanyak 600 gram untuk kaldu.

Cara Membuat Bakso

  1. Bawang putih bersama garam dan merica dihaluskan.
  2. Daging digiling dan dihaluskan.
  3. Bumbu dan daging yang telah halus kemudian dicampur dengan tepung kanji atau sagu. Tambahkan air es serta telur. Campur adonan hingga merata dan bisa dibentuk.
  4. Didihkan air secukupnya untuk merebus bakso. Setelah mendidih, sebaiknya api segera dimatikan.
  5. Adonan yang sudah bisa dibentuk, kemudian Anda bentuk sesuai selera. Untuk bentuk umum bakso yang bulat, Anda bisa menggunakan tangan ataupun dua buah sendok.
  6. Masukan adonan yang telah dibentuk tersebut langsung ke dalam air yang telah dididihkan tadi. Lakukan sampai adonan habis.
  7. Setelah adonan yang dibentuk tadi masuk semua di dalam air, nyalakan kembali api. Biarkan adonan bakso tersebut mengapung.
  8. Jika sudah mengapung, tandanya bakso matang. Angkat bakso yang sudah matang tersebut dan tiriskan.
  9. Simpan bakso yang telah jadi di dalam lemari pendingin atau freezer untuk penggunaan saat sahur.

Cara Membuat Kuah

  1. Bawang putih, merica, dan garam dihaluskan.
  2. Didihkan air dan masukan bumbu halus tersebut.
  3. Masukan tulang sapi dan masak hingga matang.
  4. Saring kuah ke dalam wadah. Taburi dengan daun bawang.

Bahan dan resep di atas sangat mudah untuk Anda ikuti. Untuk saran penyajian, Anda bisa melengkapinya dengan mie basah, soun atau bihun, sayuran seperti kol, caisim, dan taoge, pangsit, tahu, serta taburan bawang goring. Bahan pelengkap ini akan membuat bakso semakin sehat dengan tambahan serat dan karbohidrat. Nutrisi sehat dan mengenyangkan saat berbuka puasa. Bagi Anda yang tidak begitu suka dengan daging sapi, Anda pun bisa menggantinya dengan daging ayam atau ikan. Untuk rasa yang semakin nikmat, khususnya pecinta pedas bisa menambahkan saos atau sambal dan kecap sesuai selera. Penyajian saat berbuka puasa, juga lebih nikmat jika Anda menyajikannya dengan minuman segar yang tidak kalah mudah untuk Anda buat sendiri di rumah, seperti es kelapa muda dan es campur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*