Resep Bandeng Presto Enak dan Mudah

Gambar Resep Bandeng Presto

ResepMedia.com – Bandeng presto adalah salah satu masakan yang cukup banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Selain karena rasa khas bandeng yang gurih sangat cocok dimakan dengan nasi yang masih hangat. Berbagai macam olahan bandeng dengan bahan utama bandeng presto yang kaya akan gizi membuat ikan ini digemari oleh berbagai kalangan dan usia. Apalagi bandeng yang telah di presto duri nya otomatis akan menjadi lunak dan aman untuk langsung dimakan bahkan oleh anak-anak kecil. Jika Anda adalah salah satu penggemar masakan yang bernama bandeng presto maka tidak perlu lagi harus membeli bandeng yang sudah di presto di restoran yang biasanya dibandrol dengan harga yang cukup mahal. Cukup masak dengan menggunakan resep bandeng presto disini dan bandeng presto favorit Anda siap untuk disantap sekeluarga.

Bandeng presto rumahan jelas lebih aman dan mudah untuk dimasak karena pasti dimasak tanpa menggunakan bahan pengawet dan MSG yang tidak bagus untuk kesehatan kita. Ikan bandeng yang memang mudah ditemui di Indonesia karena termasuk ikan yang memang digalakkan pembudidayaannya membuat hampir semua pasar tradisional dan pasar modern menjual ikan bandeng yang masih segar. Untuk hasil yang lebih memuaskan, pilihlah ikan bandeng yang masih hidup saat Anda akan membeli nya atau ikan yang masih segar dalam artian belum lama mati sehingga daging tidak rusak dan membusuk. Berikut resep membuat bandeng presto yang bisa Anda segera coba praktekkan di rumah.

Bahan-bahan pembuatan bandeng presto enak dan mudah

  1. siapkan 1 kilogram ikan bandeng yang masih segar. Untuk ukuran Anda bisa memilih yang berukuran tanggung atau sedang sehingga memiliki banyak daging ikannya.
  2. siapkan juga beberapa lembar daun pisang yang masih baik kondisinya lalu bersihkan hingga tidak ada lagi kotoran yang menempel
  3. siapkan air bersih/ air matang kurang lebih 350 ml
  4. 1 sendok makan garam dapur halus
  5. 4 lembar daun salam yang sudah dibersihkan
  6. 6 siung bawang merah ukuran sedang
  7. 1 jari lengkuas dan haluskan atau parut
  8. 1 sendok makan ketumbar yang disangrai
  9. 6 siung bawang putih ukuran sedang
  10. 2 siung kunyit lalu kupas
  11. gula pasir sedikit

Cara dan tahapan pembuatan bandeng presto

  • siapkan bawang merah, bawang putih, ketumbar dan kunyit juga garam lalu haluskan semua nya sampai benar-benar halus lalu tambahkan gula pasir sebagai pengganti penyedap rasa
  • setelah bahan diatas benar-benar halus masukkan lengkuas yang sudah di parut lalu campurkan hingga merata
  • siapkan ikan bandeng yang telah di bersihkan dari isi perut, sisik dan juga potong sirip nya jika ada lalu kemudian cuci hingga bersih. Setelah itu, lumuri ikan bandeng dengan bumbu yang sudah dihaluskan tadi ke semua bagian bandeng. Jangan lupa beri bumbu juga di bagian dalam perut bandeng yang sudah bersih. Tekan-tekan sebentar untuk membuat bumbu meresap ke dalam daging bandeng.
  • sisihkan ikan bandeng lalu siapkan panci presto dan masukkan daun pisang yang telah di bersihkan ke dalam nya. Letakkan daun pisang di dasar panci sebagai alas untuk menempatkan ikan bandeng.
  • Tata ikan bandeng yang sudah dilumuri dengan bumbu di atas daun pisang. Setiap bandeng beri daun pisang di atas nya sehingga kulit ikan tidak akan lengket antara satu dan yang lainnya saat telah matang.
  • Setelah semua ikan selesai di tata di panci presto maka isi panci presto dengan air hingga menutupi seluruh ikan bandeng.
  • tutup panci presto dengan rapat dan masak dengan api sedang hingga matang kurang lebih 30 menit. Setelah itu angkat dan tiriskan ikan bandeng untuk kemudian di masak sesuai selera Anda selanjutnya.

Resep bandeng presto ini sangat praktis dan mudah untuk dicoba dan cocok sekali untuk disiapkan sebagai hidangan sahur atau buka puasa Anda. Proses memasak nya pun tidak lah terlalu lama. Untuk melengkapi referensi memasak Anda, silahkan mencoba resep es campur mutiara untuk hidangan penutup mulut Anda dan keluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*