Resep Bihun Goreng Praktis

Gambar Resep Bihun Goreng

ResepMedia.com – Kreasi resep bihun goreng rumahan yang praktis dan lezat. Walaupun sejenis mie, namun bihun berbeda dengan mie lainnya. Bahan dasarnya berupa tepung beras sehingga membuat teksturnya lebih lembut ketika sudah dimasak. Selain itu, warnanya pun putih. Dibandingkan dengan mie biasa, bihun ini lebih sehat karena kandungan lemaknya hanya sedikit. Sedangkan untuk kandungan karbohidratnya sangat banyak. Oleh karena itu, kita dapat menggunakan bihun sebagai salah satu alternatif makanan di saat lapar sebagai pengganti nasi. Untuk pilihan resepnya, bihun pun banyak dikreasikan dalam berbagai masakan baik sebagai bahan pelengkap maupun bahan utamanya. Misalnya pada bakso atau soto, bihun dijadikan pelengkap makanan berkuah tersebut untuk memberikan rasa yang lebih enak dan mengenyangkan. Sedangkan sebagai bahan utama, bihun biasa dimasak sebagai bihun goreng dan kuah.

Diantara bihun kuah dan goreng tersebut, bihun goreng merupakan yang paling sering dibuat. Bihun goreng dinilai lebih praktis untuk dibawa sebagai bekal. Selain itu, karena digoreng maka bihun tidak akan mengembang walaupun tidak langsung dimakan. Berikut ini, cara membuat resep bihun goreng yang bisa Anda buat sebagai makanan di rumah maupun bekal.

Bahan Utama Bihun Goreng

  1. Bihun, 400 gram. Pilih bihun terbaik yang biasa dijual di pasar. Selain melihat merk jualnya, lihat juga warna bihun tersebut. Warna putihnya biasanya agak kusam untuk bihun yang tanpa pewarna.
  2. Dada ayam atau filet, 150 gram. Bersihkan kemudian rebus dan potong-potong dadu atau sesuai selera.
  3. Udang, 80 sampai 100 gram. Bersihkan dan rebus, kemudian potong-potong sama seperti daging ayam.
  4. Wortel, 1 buah. Namun, jika Anda ingin lebih banyak sayuran bisa menambahkannya sesuai selera. Cuci dan kupas kemudian potong-potong membentuk korek api.
  5. Sawi hijau atau caisim, bisa juga pakcoy sebanyak 1 ikat. Namun, sama seperti wortel, Anda pun bisa menyesuaikan sayuran ini sesuai dengan selera. Cuci dan potong-potong.
  6. Kol, sesuai selera Anda yang diiris maupun dipotong-potong kecil.
  7. Daun bawang, 2 batang. Cuci kemudian iris tipis.
  8. 2 butir telur ayam. Buat orak-arik baik dengan cara mengocoknya terlebih dahulu diluar maupun orak-arik langsung saat menggorengnya. Orak-arik terpisah ini akan memudahkan Anda dalam memasak bihun tersebut.
  9. Bawang merah, 2 siung dan iris tipis.
  10. Bawang putih, 4 hingga 5 siung. Anda bisa mengiris tipis atau menggeprek kemudian mencincangnya.
  11. Kecap manis kental, 2 sendok makan atau sesuai selera.
  12. Garam, 1 sendok teh atau sesuai selera.
  13. Merica bubuk, ½ sendok teh atau sesuai selera.
  14. Minyak goreng untuk menumis secukupnya.

Cara Praktis Membuat Bihun Goreng

  1. Bihun dilunakan terlebih dahulu menggunakan air panas. Rendam dan setiap 5 atau 7 menit, airnya diganti. Setelah lunaknya pas, pisahkan bihun dari air rebusannya kemudian siram dengan air dingin. Setelah itu, tiriskan bihun.
  2. Panaskan minyak pada penggorengan.
  3. Tumis bawang merah kemudian bawang putih. Bawang putih cepat matang, sehingga harus bawang merah terlebih dahulu yang dimasukkan.
  4. Setelah bawang matang dan wanginya tercium, masukan potongan daging ayam dan udang. Tumis daging sampai warnanya berubah dan terlihat matang.
  5. Setelah daging matang, masukan orak arik telur. Aduk sebentar kemudian masukan sayurannya. Mulai dari wortel terlebih dahulu. Setelah wortel layu, baru masukan sayuran lain seperti sawi dan kol yang mudah matang.
  6. Aduk sayuran dan masukan irisan daun bawang. Aduk kembali sampai semua sayuran dan daging tercampur rata.
  7. Setelah tercampur dan matang, masukan bihun yang sudah disisihkan tadi. Pastikan Anda langsung mengaduknya agar tidak mengerak untuk bagian paling bawahnya.
  8. Beri bumbu, garam, merica, dan kecap. Sesuaikan semua dengan selera Anda dan aduk kembali bihun goreng Anda.
  9. Anda bisa mencicipi terlebih dahulu sebelum mengangkatnya.
  10. Setelah rasa pas, Anda bisa segera mengangkat dan menyajikannya.

Cara praktis dalam menyajikan resep bihun goreng ini dalam memberi bumbu sebetulnya tidak terbatas. Bagi Anda yang ingin lebih pedas bisa membuat bumbu halus berupa bawang putih, bawang merah, kemiri, dan cabai rawit. Bumbu halus ini dimasukan di awal langsung untuk Anda yang tidak lagi memakai irisan bawang. Namun, jika Anda menggunakan irisan bawang, maka masukan bumbu halus tersebut setelah bawang, sebelum daging. Untuk lebih praktis lagi, rasa pedas bisa Anda dapatkan dari cabai rawit yang diiris atau dari saos pedas yang bisa Anda masukan saat bihun dimasak. Selain bihun goreng, capcay goreng pun sangat praktis untuk Anda masak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*