Resep Es Pisang Hijau Khas Makassar Lezat

Gambar Resep Es Pisang Ijo

ResepMedia.com – Nikmatnya es pisang hijau khas Makassar memang sangat sulit untuk ditampik. Jenis minuman ini memang belum sepopuler jenis minuman Indonesia yang lain seperti es campur dan es teler. Selain itu, minuman ini pun jarang disediakan di berbagai tempat makan di Indonesia seperti es teler dan es campur. Namun, dari segi rasa, es pisang khas Makassar ini tidak kalah dengan kedua jenis minuman tersebut. Malah, jenis minuman ini memiliki keunikan yang kuat tidak seperti jenis minuman lainnya yang biasa Anda konsumsi sehari-hari. Dengan pisang warna hijaunya yang menggoda dengan serutan es yang sangat menyegarkan, siang yang panas bisa Anda atasi dengan minuman ini.

Untuk bisa menikmati es pisang hijau Makassar sendiri bukan perkara yang selalu mudah. Di berbagai wilayah di Indonesia, jenis minuman ini bahkan hampir tidak dikenal. Padahal, dengan kenikmatan dan kelezatannya, minuman ini sebenarnya memiliki potensi besar disukai oleh masyarakat luas di negara ini. Namun, selama hal itu belum terjadi, sebaiknya Anda membekali diri dengan resep es pisang hijau Makassar bila Anda memang peminat minuman ini. Cara alternatif ini sangat efektif karena terbilang sederhana dan bisa dilakukan oleh hampir semua orang. Kerinduan Anda dengan es pisang hijau pun bisa dipuaskan dengan es pisang hijau buatan sendiri. Berikut ini akan dijelaskan cara pembuatan es pisang hijau Makassar.

Bahan Resep Es Pisang Hijau

Siapkan bahan-bahan di bawah ini untuk membuat es pisang hijau khas Makassar yang sangat lezat:

Bahan untuk membuat pisang dalam adonan

  1. Enam buah pisang raja yang sudah matang
  2. 50 gram tepung sagu
  3. Setengah sendok teh garam atau sesuai selera
  4. 100 ml air daun suji
  5. 175 gram tepung beras yang siap digunakan
  6. Setengah tetes pewarna makanan hijau
  7. 300 ml air
  8. 1 lembar daun pandan yang sudah dibuat simpul

Bahan untuk membuat es

  1. Es batu yang sudah diserut secukupnya
  2. Sirup dengan rasa dan jumlah sesuai selera Anda
  3. Susu kental manis dengan jumlah sesuai selera Anda

Pastikan berbagai bahan yang Anda gunakan di atas, kualitasnya benar-benar baik. Hindari penggunaan bahan yang kualitasnya buruk, seperti tepung sagunya yang berkualitas rendah. Pastikan pula pisang raja yang digunakan benar-benar sudah matang. Jadi, es pisang hijau yang Anda buat pun akan lebih sempurna.

Cara Membuat Es Pisang Hijau

  1. Campur tepung beras, garam, air daun suji, air, dan pewarna makanan hijau lalu aduk hingga benar-benar rata.
  2. Masak adonan tersebut di atas api kecil sampai mendidih. Selama proses itu, aduk adonan supaya tidak berbutir.
  3. Masukkan tepung sagu secara perlahan. Lakukan sambil terus mengaduk.
  4. Bulatkan dan tipiskan adonan dengan ketebalan sekitar setengah centimetre.
  5. Ambil pisang lalu balut dengan adonan yang sudah dibulatkan dan ditipiskan tadi. Pastikan semua bagian pisang tertutupi seperti pisang molen.
  6. Rebus pisang yang telah dibalut tersebut ke dalam air yang mendidih. Tunggu sampai mengapung yang mengindikasikan adonan sudah matang
  7. Angkat dan tiriskan.
  8. Sementara itu, siapkan wadah sajian.
  9. Potong-potong pisang lalu masukkan dalam wadah sajian.
  10. Tuangkan es yang telah diserut. Tambahkan dengan sirup dan gula serta bubur mutiara. Pastikan jumlah sirup dan gula yang ditambahkan sesuai dengan tingkat manis yang Anda harapkan.

Sangat mudah bukan membuat es pisang hijau yang asli dari Makassar ini? Selain mudah, hasil yang didapat pun sangat menggoda untuk dirasakan. Anda hanya perlu memilih bahan yang kualitasnya baik dan menerapkan langkah-langkah di atas dengan tepat dan cermat. Anda bahkan bisa berimprovisasi untuk mendapatkan rasa yang lebih baik. Daripada membeli, Anda pun bisa berhemat untuk mendapatkan cita rasa yang sama lezatnya. Selain itu, dengan membuat sendiri Anda juga bisa memastikan semua bahan yang Anda gunakan aman termasuk pewarna hijaunya. Sebab, bagaimanapun juga Anda harus waspada dengan berbagai kemungkinan. Nah, untuk resep minuman lezat nan menyegarkan selanjutnya, terus update artikel selanjutnya, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*