Resep Kerak Telor Khas Jakarta

Gambar Resep Kerak Telor

ResepMedia.com – Membuat resep kerak telor asli Betawi yang praktis untuk di rumah. Belum lengkap rasanya jika Anda datang ke Jakarta, tidak mencoba kuliner khasnya yaitu kerak telor. Walaupun banyak makanan modern terutama makanan cepat saji yang hadir di ibu kota, ternyata tidak membuat kuliner ini tenggelam. Kerak telor tetap diminati dan dicari. Hanya saja, menemukannya memang tidak segampang dulu. Sehingga, agar lebih mudah menemukannya, Anda bisa datang ke tempat-tempat wisata di Jakarta atau event tertentu seperti Pekan Raya Jakarta. Rasa yang lezat dengan cita rasa yang berbeda dari makanan lainnya akan membuat Anda ketagihan.

Sebagai makanan khas, kerak telor tentu memiliki sejarah. Makanan ini kabarnya sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Orang Betawi, awalnya iseng mengolah campuran kelapa parut, ketan, serta berbagai macam bumbu. Keisengan ini juga didasari dengan banyaknya pohon kelapa di wilayah Jakarta yang saat itu namanya masih Batavia. Melimpahnya hasil panen kelapa, membuat orang Betawi berinovasi untuk membuat makanan lain dari kelapa tersebut. Hasilnya, makanan ini banyak disukai. Sehingga, makanan tersebut kemudian dijadikan jajanan di sekitar Monas. Ciri khas dari pembuatan kerak telor sendiri ada pada penggunaan bara api untuk memasaknya. Bagi Anda belum sempat datang ke Jakarta atau belum pernah makan dan penasaran dengan rasa kerak telor tersebut, Anda bisa membuatnya di rumah. Membuat kerak telor tergolong cepat dan mudah. Anda bisa menjadikannya sebagai teman santai di rumah untuk dinikmati bersama keluarga.

Bahan-Bahan dalam Membuat Kerak Telor:

  1. Beras ketan putih, 100 gram. Gunakan beras berkualitas bagus untuk hasil yang lebih enak.
  2. Air, 250 ml.
  3. Kelapa parut yang disangrai sebanyak 100 gram. Kelapa parut sangrai ini juga biasa disebut dengan serundeng. Anda akan menggunakannya untuk bahan taburan.
  4. Ebi atau udang kecil sebanyak 15 gram. Seduh terlebih dahulu, kemudian sangrai. Haluskan ebi tersebut bisa menggunakan ulekan.
  5. Telur bebek, 5 butir. Jika tidak suka telur bebek, Anda dapat menggantinya dengan telur ayam.
  6. Bawang merah goreng, 30 gram. Jika Anda membuat bawang goreng sendiri, pastikan banar-benar kering setelah meniriskan minyaknya.
  7. Minyak goreng, 1 sendok makan.
  8. Bawang merah goreng untuk taburan. Anda bisa membuatnya bersama bawang goreng yang disebutkan di nomor 6.
  9. Garam, secukupnya.
  10. Gula pasir, secukupnya.
  11. Bumbu yang dihaluskan:
  12. Cabai merah keriting, 4 buah. Bisa Anda lebihkan jumlahnya jika ingin rasa yang pedas, atau sesuai selera.
  13. Merica butir, ½ sendok teh.
  14. Kencur, 3 cm.
  15. Jahe, 1 cm

Cara Membuat:

  1. Beras ketan dibersihkan dengan cara merendamnya selama 12 jam atau satu malam. Jangan buang air rendamannya.
  2. Anda bisa mencucinya kembali sebelum kemudian meniriskannya.
  3. Panaskan penggorengan. Kemudian tuangkan minyak. Masukan bumbu yang dihaluskan, tumis hingga baunya harum. Sisihkan.
  4. Siapkan wajan cekung dan panaskan.
  5. Kemudian, ambil 1, 5 sendok makan beras ketan dan bubuhkan pada wajan yang telah panas tersebut.
  6. Siramkan air rendaman beras pada beras tersebut, kurang lebih 3 sendok makan. Biarkan beras hingga setengah kering.
  7. Siapkan wadah. Ambil 1 butir telur, kemudian kocok. Tambahkan pada telur tersebut bumbu yang telah ditumis tadi, ebi, dan bawang goreng masing-masing ½ sendok teh. Beri juga garam dan gula pasir, masing-masing 1/8 sendok teh. Anda bisa memperkirakannya sesuai dengan selera.
  8. Setelah tercampur rata adonan telur dan bumbu tersebut, siramkan pada wajan yang digunakan untuk mengeringkan beras ketan tadi. Ratakan adonan jangan sampai terlalu tebal.
  9. Tutup wajan tersebut agar panasnya merata dan kerak telor Anda matang.
  10. Setelah matang, balik wajan hingga kerak telor tersebut menghadap ke bagian bara api. Lakukan hal ini hingga adonan matang sempurna.
  11. Angkat dan gunakan sodet atau spatula untuk mengeluarkan kerak telor yang sudah jadi tersebut dari wajannya.
  12. Taburkan kelapa sangrai dan bawang goreng di atasnya.

Resep kerak telor sederhana yang begitu khas ini memang sebaiknya dimasak tidak menggunakan kompor agar rasa dan aroma khasnya bisa Anda dapatkan. Namun, untuk coba-coba di rumah, menggunakan kompor pun tidak masalah. Hasilnya tetap enak. Anda pun bisa mencoba membuat makanan khas lain dari berbagai daerah, seperti kue serabi khas Bandung yang topingnya kini bisa Anda kreasikan dari mulai yang asin hingga yang manis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Resep Masakan