Resep Kering Tempe Cabai Hijau untuk Keluarga

Gambar Resep Kering Tempe Cabai Hijau

ResepMedia.com – Olahan resep kering tempe cabai hijau menu spesial bagi keluarga Anda. Tidak ada orang Indonesia yang tidak tahu tempe. Semua kalangan menyukainya. Benar sekali, tempe memang makanan khas asli Indonesia. Terbuat dari kedelai, membuat tempe kaya akan nutrisi yang menyehatkan dan memiliki rasa yang khas. Termasuk jika Anda membandingkannya dengan tahu yang secara bahan baku juga sama-sama dari kedelai. Rasanya jauh lebih enak tempe. Banyak penelitian yang telah dilakukan pada tempe. Diketahui, selain kandungan protein yang tinggi, pada tempe terdapat kandungan vitamin B1 dan B6, serta zat antibiotik dan antioksidan. Antioksidan bermanfaat untuk menangkal bahaya radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Sehingga, Anda akan terhindar dari penyakit-peyakit berbahaya seperti jantung atau kanker. Daya tahan tubuh lebih terjaga serta berperan dalam proses regenerasi sel.

Proses fermentasi dengan penggunaan ragi atau jamur pada tempe tersebut adalah kasus yang paling banyak diteliti. Para peneliti pun berharap agar masyarakat Indonesia lebih menghargai tempe dan pemerintah segera membuat hak patennya agar tempe tidak diklaim oleh negara lain sebagai makanan khas mereka. Karena, sudah jelas makanan ini asli Indonesia. Sebagai salah satu cara menghargai tempe yaitu dengan mengolahnya dalam bentuk yang lebih enak dan menarik. Sampai saat ini tempe telah diolah ke dalam ice cream, steak, kripik, dan berbagai macam tumisan. Untuk tumisan, menu ini memang jadi andalan ibu rumah tangga. Tempe yang harganya terjangkau setiap hari pasti dibeli. Agar tidak bosan, maka tumisan ini harus divariasikan. Resep kering tempe cabai hijau merupakan salah satu yang paling populer diantara tumisan tempe lainnya. Karena ditumis dalam bentuk kering, Anda pun dapat menyimpannya lebih dari sehari. Anda bisa menjadikannya perbekalan, baik itu bagi yang sedang kost atau yang sedang jalan-jalan ke luar negeri. Tempe kering tersebut biasa disebut dengan orek tempe. Berikut ini resepnya.

Bahan Kering Tempe Cabai Hijau:

  1. Tempe, 300 gram. Potong tipis bentuk kotak. Goreng sampai kering. Sisihkan.
  2. Bawang merah goreng, 1 sendok makan.
  3. Cabai hijau besar, 2 buah. Iris tipis menyerong. Goreng irisan cabai tersebut. Sisihkan.
  4. Air asam jawa, 1 sendok makan.
  5. Air, 25 ml.
  6. Minyak goreng, 1 sendok makan.
  7. Garam, secukupnya.
  8. Merica bubuk, secukupnya.
  9. Gula pasir, secukupnya.
  10. Bumbu yang dihaluskan:
  11. Cabai hijau keriting, 4 buah. Bisa lebih jika ingin pedas, sesuai selera Anda.
  12. Bawang merah, 4 siung.
  13. Bawang putih, 2 siung.

Cara Sederhana Membuat Kering Tempe Cabai Hijau:

  1. Siapkan wajan dan panaskan minyak goreng.
  2. Masukkan bumbu yang dihaluskan, tumis hingga baunya harum.
  3. Tambahkan garam, merica, gula pasir, serta air. Aduk sampai semua bahan tercampur dan terlihat mengental.
  4. Tambahkan larutan air asam jawa. Campur dan aduk kembali hingga bumbu semakin mengental.
  5. Masukan tempe yang telah digoreng bersama cabai hijau dan bawang gorengnya. Aduk-aduk agar bumbu menyatu dan meresap pada tempenya. Biarkan sebentar.
  6. Angkat, dan sajikan kering tempe cabai hijau di atas piring saji.
  7. Jika Anda ingin menyimpannya ke dalam toples. Biarkan sampai dingin terlebih dahulu. Tutup rapat toples untuk menjaga rasa dan agar tahan lebih lama.

Membuat kering tempe tersebut, saking mudahnya bisa dilakukan oleh siapa saja. Termasuk, untuk Anda yang baru belajar memasak, kering tempe bisa dicoba. Sederhana dalam bahan dan cara membuatnya, tentu bisa Anda kreasikan kembali. Anda bisa menambahkan sayuran seperti taoge atau kacang panjang. Untuk tambahan lain, jika ingin menjadikannya bekal makanan yang disimpan, diberi campuran ikan teri dan kacang goreng juga sangat tepat. Dari resep ini, Anda juga bisa membuatnya menjadi sambel goreng tempe. Cukup lewati saja bagian penambahan air asam jawa yang mengentalkannya. Jumlah cabai keritingpun bisa Anda berikan lebih banyak. Hasilnya, tempe yang Anda masak akan sedikit lebih basah teksturnya dan rasanya pun sangat pedas. Penambahan petai akan membuat rasanya semakin enak. Cocok juga dijadikan menu untuk pendamping ketupat saat lebaran nanti. Untuk olahan tumis lainnya, Anda bisa mencoba tumis toge tahu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Resep Masakan