Resep Laksa Bogor yang Menjadi Pilihan

Gambar Resep Laksa Bogor

ResepMedia.com – Laksa merupakan salah satu jenis makanan berkuah yang kaya akan rasa dan rempah. Laksa sendiri tidak hanya bisa ditemukan di Indonesia saja, namun ada juga versi laksa singapura dengan menggunakan bumbu yang berbeda meskipun cara memasaknya hampir sama. di Indonesia sendiri laksa pun tidak hanya berasal dari satu daerah saja, seperti misalnya ada laksa Bogor dan juga laksa betawi. Keduanya sama-sama enak karena sama-sama berkuah dan berbumbu. Hanya saja laksa Bogor lebih banyak diminati karena memang Bogor juga dikenal dengan baik karena kulinernya. Berkunjung ke Bogor tanpa menikmati laksa khas Bogor tentunya akan sangat disayangkan.Namun jika Anda tidak memiliki waktu, Anda pun bisa mencobanya sendiri di rumah.

Resep laksa Bogor memang terbilang sedikit sulit terlebih lagi jika ini adalah pertama kali bagi Anda membuatnya. Ada banyak bahan yang harus disiapkan khususnya bahan-bahan yang diperlukan untuk bumbu. Dengan belajar membuat laksa sendiri, maka Anda pun tidak perlu jauh-jauh ke Bogor untuk menikmati laksa. Anda pun bisa menikmatinya sendiri di rumah Anda bersama dengan keluarga tercinta. Laksa Bogor memberikan rasa kenyang pada perut sehingga bisa dijadikan menu makan siang keluarga.

Bahan-bahan yang diperlukan:

  1. Ayam buras sebanyak 500 gram, dipotong-potong.
  2. Santan yang diambil dari satu butir kelapa dan dijadikan sebanyak satu setengah cc.
  3. Daun salam sebanyak dua lembar.
  4. Oncom merah sebanyak 150 gram yang dibakar terlebih dahulu kemudian dihancurkan.
  5. Serai satu batang, dibelah dan diambil putihnya saja. Memarkan bagian putih serai tersebut.

Bahan untuk bumbu halus:

  1. Bawang putih 4 siung.
  2. Bawang merah 8 siung.
  3. Kemiri yang digoreng sebanyak 3 butir.
  4. Kunyit sepanjang kira-kira dua cm dan kemudian dibakar.
  5. Merica dan garam secukupnya.
  6. Ketumbar disangrai sebanyak 2 sendok teh.

Bahan yang diperlukan untuk pelengkap laksa:

  1. Bihun kering sebanyak 150 gram
  2. Taoge sebanyak bihun kering, disiangi terlebih dahulu kemudian dicucu dengan cara diblansir.
  3. Daun kemangi 5 tangkai.
  4. Telur ayam 3 butir, direbus, dikupas kemudian diptong-potong menjadi sebanyak 8 bagian.
  5. Bawang goreng secukupnya.

Cara membuat laksa Bogor:

  1. Tumis bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat bumbu dan sudah dihaluskan. Masukkan juga serai dan daun salam ke dalam tumisan bumbu halus.
  2. Jika sudah berbau harum, masukkan santan serta ayam. Aduk-aduk sampai merata dan didihkan ayam sampai benar-benar matang.
  3. Saat ayam matang, ambil dan ditiriskan untuk selanjutnya disuir. Setelah ayam disuwir, oncom dimasukkan ke dalam kuah santan.
  4. Letakkan taoge serta bihun ke dalam mangkuk dan tuangkan kuah ke dalam mangkuk tersebut. Hiasi dengan ayam yang telah disuwir, bawang goreng serta daun kemangi.

Laksa akan terasa lebih mantap jika disantap dengan sambal cuka. Anda bisa menambahkan sambal cuka sebagai pelengkap menu laksa Anda dengan cara membuatnya sendiri agar lebih praktis. Sambal cuka bisa dibuat tentunya dengan menggunakan cuka sedikit saja sebanyak satu sendok teh kemudian dicampur dengan cabe merah dan cabe rawit sesuai selera. Cabe harus direbus terlebih dahulu sebelum dihaluskan jika ingin membuatnya. Untuk rasa pedas yang pas, siapkan cabe merah dan rawit masing-masing 5 buah saja. Jangan lupa tambahkan garam ke dalam sambal serta campuran air matang sebanyak 100 cc. Pilihlah cuka yang masak untuk membuat sambal cuka. Dengan tambahan sambal cuka, maka rasa laksa pun akan semakin nikmat dan menyenangkan. Variasi dalam resep laksa pun tersedia jika Anda ingin menggunakan daging sapi dan bukan daging ayam, maka itu sah-sah saja. Anda juga bisa menggunakan udang jika perlu. Jadi pilihlah campurannya sendiri agar laksa yang dibuat bisa memuaskan. Anda pun bisa mencoba resep laksa bogor lainnya dengan menggunakan bumbu yang berbeda untuk menemukan mana yang paling sesuai untuk Anda dan keluarga. Hiasan diatas laksa pun juga bisa disesuaikan dengan selera misalnya dengan tidak memakai bawang goreng jika Anda tidak menyukainya dan masih banyak lagi yang lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*