Resep Martabak Bangka Manis Legit

Gambar Resep Martabak Bangka Manis

ResepMedia.com – Martabak merupakan salah satu jenis kue manis yang populer di kalangan masyarakat Indonesia. Ada setidaknya dua jenis martabak, yakni martabak telur dan martabak manis. Dari kedua tipe yang pokok tersebut, masih ada martabak-martabak lain yang dikenal berdasarkan daerah asalnya. Salah satunya martabak bangka. Menu satu ini telah menjadi pilihan camilan favorit yang tidak hanya manis, tetapi juga cukup mengenyangkan.

Apa bedanya martabak bangka dengan martabak yang lainnya? Tentu, Anda bertanya-tanya apabila belum pernah mencicipi lezatnya makanan ini. Sepintas, martabak yang berasal dari Bangka Belitung ini tidak jauh beda dengan yang lain. Namun, ternyata ada ciri khas tersendiri saat Anda mulai mengamati detailnya. Mulai dari tampilan, martabak asal bangka memiliki bentuk yang lebih tebal serta aroma legit yang menjadi khas kue ini. Ciri khas berikutnya tentu terletak pada resep martabak bangka. Kemudian, bagian permukaannya berbentuk bolong-bolong atau yang biasa disebut sarang. Di atasnya, bisa diisi dengan parutan keju, meses, gula pasir, ketan hitam, kacang tanah atau wijen. Semua tergantung selera.

Tahukah Anda bahwa martabak bangka di daerah asalnya justru lebih dikenal dengan nama kue pangkal pinang? Selain itu, ada dua nama lain yaitu kue pinang bangka dan hok lo pan dari bahasa China yang artinya martabak. Sedangkan untuk pembuatannya, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk resep martabak bangka, yaitu:

  • 4 sendok makan yeast atau ragi
  • 1 1/2 kilogram tepung terigu
  • 2 butir buah kelapa yang diambil air perasannya atau 1800 cc santan
  • 1 1/2 sendok teh garam, yang dilarutkan terlebih dahulu dan dipanaskan bersama dengan santan hingga matang
  • 8 butir telur ayam
  • 1/2 gram mentega
  • 65 gram soda kue atau baking powder
  • 1 1/2 sendok teh vanilla sebagai penambah aroma
  • 150 gram butiran coklat meses
  • 150 gram kacang tanah yang telah digoreng tanpa minyak atau disangrai dan ditumbuk kasar
  • 1/4 kilogram gula pasir halus yang nantinya digunakan sebagai topping
  • 1 kaleng susu kental manis

Bila semua bahan tersebut sudah siap, Anda dapat melanjutkan proses pembuatan dengan cara:

  • Campurkan ragi atau yeast ke dalam campuran santan yang telah diberi garam. Biarkan campuran tersebut selama kurang lebih 20 menit dan tunggu hingga adonan mengeluarkan buih atau busa kemudian sisihkan.
  • Ambil wadah atau mangkok berukuran besar untuk mencampur telur dan terigu. Campur keduanya dan aduk secara perlahan. Setelah tercampur rata, tuangkan larutan santan sedikit demi sedikit ke dalam campuran telur dan terigu. Tambahkan soda kue, vanila dan 4 hingga 5 sendok makan gula pasir atau tambahkan bila perlu sesuai selera. Aduk hingga adonan terlihat mengental kemudian sisihkan.
  • Panaskan loyang yang akan digunakan untuk memasak martabak. Sebaiknya Anda menggunakan loyang khusus martabak yang bisa dengan mudah ditemukan di pasaran. Olesi sedikit mentega di bagian permukaan dalamnya dan panaskan menggunakan api sedang.
  • Tuang adonan martabak perlahan lahan ke dalam loyang hingga ketebalannya mencapai kurang lebih 1 centimeter. Biarkan terlebih dahulu adonan tersebut mengeras dan hampir matang.
  • Setelah itu, taburkan gula pasir, kacang tanah, meses coklat dan susu kental manis. Lalu, lipat martabak dan sapukan mentega di atas permukaannya dengan menggunakan pisau atau kuas.
  • Potong martabak tersebut menjadi 6 bagian atau sesuai kebutuhan dan sajikan di atas piring selagi masih hangat.

Resep martabak bangka ternyata tidak sulit ya? Mungkin pada awalnya Anda merasa kalau lebih baik langsung beli saja di tempat penjual. Tetapi, tentu jauh lebih menyenangkan kalau Anda bisa membuatnya sendiri sambil bernostalgia mengingat masa kecil dimana orang tua sering menjadikan martabak yang lezat, legit dan manis ini sebagai oleh-oleh sepulang kerja. Selain itu, Anda juga tidak perlu menunggu kerabat yang sedang liburan atau datang dari Bangka untuk membawakan martabak khas daerah tersebut. Apabila mengolahnya sendiri, waktu yang dibutuhkan untuk persiapan hanya sekitar 10 menit, sedangkan waktu mengolah kira-kira 50 enit. Jadi, dengan berkutat di dapur dalam waktu 1 jam, Anda bisa menyajikan kue spesial untuk dinikmati sekeluarga. Anda juga bisa mencoba resep sejenis yaitu Martabak Manis asal Bandung yang biasa dijual di pinggir-pinggir jalan.

One comment

  1. Makasih postingnya, bisa dipraktekkan untuk buka puasa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*