Resep Martabak Mini Aneka Topping

Gambar Resep Martabak Manis Mini

ResepMedia.com Resep martabak mini yang praktis untuk kudapan manis saat di rumah. Martabak, salah satu nama makanan yang sudah tidak asing lagi di tengah masyarakat Indonesia. Karena kepopulerannya, pedagang martabak pun kini beragam mulai dari martabak yang dijual di pinggir yang menggunakan gerobak yang enak dengan harga terjangkau, hingga yang dijual di restoran atau café dengan tampilan mewah dan harga yang mahal. Martabak terdapat dua rasa, manis dan asin. Ukuran dan bentuk martabak ada yang besar dan yang mini. Keduanya dibedakan dalam proses pembuatan ketika mencetaknya. Untuk yang mini, rasa yang digunakan adalah rasa manis. Perbedaan martabak manis dan asin selain rasa dan toppingnya, perbedaan lainnya ada pada teksturnya. Tekstur martabak manis lebih lembut dan empuk. Selain itu, harganya lebih murah sehingga kerap dijajakan sebagai jajanan di kalangan anak-anak sekolah.

Kebanyakan, kecuali di restoran atau café, penjual aneka martabak mini manis biasanya berjualan hanya sore menjelang malam hari saja. Martabak yang hangat memang enak jika dinikmati sebagai camilan ketika udara beranjak dingin. Namun, berikut ini bisa Anda ikuti cara praktis membuat resep martabak mini yang bisa Anda lakukan di rumah, Dengan resep ini, Anda tidak perlu bingung lagi jika ingin menikmati martabak. Kapan saja Anda ingin, Anda bisa membuatnya. Membuat sendiri, lebih sehat dan lebih higenis dalam membuatnya. Pemilihan bahan-bahannya bisa Anda pastikan kualitasnya. Topping pun bisa Anda kreasikan dengan ide-ide baru yang bahkan belum pernah dijual di pedagang martabak selama ini.

Bahan-Bahan:

  • Adonan Kulit Martabak
  1. Terigu, 250 gram. Pilih tepung terigu dengan kadar protein 11.5% atau berprotein sedang untuk pembuatan kulit martabak manis.
  2. Garam halus, ½ sendok teh.
  3. Baking powder, ½ sendok teh.
  4. Ragi instan, 1 sendok makan.
  5. Susu bubuk, 200 gram,
  6. Telur ayam, 2 butir.
  7. Gula pasir halus, 100 gram. Bisa gunakan gula pasir biasa yang sebelumnya telah diblender.
  8. Air, 500 ml
  • Topping:
  1. Mentega, secukupnya.
  2. Meisses cokelat, secukupnya.
  3. Parutan keju cheddar, secukupnya.
  4. Susu kental manis, secukupnya.
  5. Untuk berkreasi dengan rasa lainnya, Anda bisa menyiapkan bahan lain mulai dari selai, kacang tanah yang ditumbuk kasar, ketan hitam manis, hingga berbagai macam buah seperti strawberry, kiwi, ataupun buah lain yang sesuai dengan selera dan ingin Anda coba.

Cara Membuat:

  • Kulit Martabak Mini
  1. Masukkan ke dalam satu wadah, tepung terigu, ragi, garam, susu bubuk, dan gula pasir halus. Aduk semua bahan hingga tercampur rata.
  2. Tambahkan telur ke dalam tepung yang telah tercampur tersebut.
  3. Aduk semua bahan menggunakan mixer dengan kecepatan tinggi atau sedang hingga adonan tercampur sempurna.
  4. Sedikit demi sedikit, tuangkan air ke dalam adonan tersebut. Lakukan dengan adonan yang tetap diaduk. Campur semua adonan hingga merata.
  5. Siapkan cetakan martabak mini dan panaskan.
  6. Tuang adonan ke dalam cetakan yang telah panas tersebut dan tunggu sampai adonan matang.’
  • Topping:
  1. Martabak yang telah jadi, selagi masih panas segera olesi bagian permukaan atasnya dengan mentega.
  2. Setelah itu, Anda bisa menambahkan meises cokelat, keju, dan susu kental manis. Susun topping dengan pilihan varian topping yang telah Anda siapkan sebelumnya. Susun semenarik mungkin agar martabak mini buatan Anda tampak cantik untuk ditata dan disajikan dalam piring saji.

Cara membuat martabak mini ini begitu mudah. Namun, dalam keberhasilannya biasanya sangat dipengaruhi oleh pemilihan tepung terigu, pencampuran bahan step by stepnya, serta ketepatan Anda dalam mengocok adonannya. Tidak jarang ada yang gagal dalam membuat martabak mini maupun besar karena tidak memperhatikan faktor-faktor tersebut. Rasanya yang manis, mengandung protein dan karbohidrat juga bisa Anda jadikan salah satu menu untuk sarapan pagi. Mini bentuknya tidak akan membuat kekenyangan namun semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh di pagi hari terdapat lengkap dalam martabak tersebut. Untuk menu lainnya, yang sering dijadikan jajanan manis dan hangat ada kue cubit. Si mungil yang enak dengan topping dan rasanya yang juga bisa Anda kreasikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Resep Masakan