Resep Nasi Kucing Lezat Khas Jogja

Gambar Resep Nasi Kucing

ResepMedia.com – Sebagaimana yang dipikirkan oleh kebanyakan orang, resep nasi kucing sangat mudah dibuat. Nasi kucing sendiri adalah sebutan untuk hidangan nasi dan lauk yang sangat populer dan berasal di kawasan Jawa Tengah seperti Yogyakarta, Semarang, dan Solo. Hidangan ini disebut nasi kucing karena porsinya yang sedikit menyerupai porsi makanan kucing. Meskipun demikian, dengan porsinya yang sedikit tersebut, nasi kucing memulai kepopulerannya di kalangan masyarakat menengah ke bawah. Sebab, harga yang dipatok memang terbilang sangat murah. Nasi ini banyak dihidangkan di angkringan yang tersebar di kota-kota Jawa Tengah.

Seiring dengan berjalannya waktu, nasi kucing menjadi sebuah sajian masakan yang khas dan banyak disukai oleh berbagai kalangan. Di Yogyakarta hampir semua kalangan masyarakat setidaknya pernah mencicipi masakan ini selama satu kali seumur hidupnya. Nasi kucing seolah telah menjadi trend gaya hidup yang harus dipenuhi ketika kita singgah di Jogja. Bagi para mahasiswa luar daerah yang pernah tinggal di kota ini sendiri, tentu jenis masakan ini sangat populer. Sebab harganya memang bersahabat untuk kantong para mahasiswa. Tidak jarang banyak yang merindukan masakan ini setelah kembali ke daerah asalnya. Nah, untuk mengobati kangen tersebut, tak ada salahnya kita mencoba membuat nasi khas Jogja ini. Apalagi, cara dan bahan membuat nasi kucing tergolong sederhana.

Bahan Resep Nasi Kucing Lezat Khas Jogja

Siapkan bahan-bahan berikut ini untuk membuat nasi kucing lezat, khususnya nasi kucing resep khas Jogja:

Bahan Nasi

  1. 400 gram nasi putih
  2. Daun pisang sebagai wadah

Bahan Kering Tempe

  1. 300 gram tempe yang sudah dipotong dengan bentuk korek api, goreng.
  2. 3 siung bawang putih yang sudah diiris-iris
  3. 5 siung bawang merah yang sudah diiris-iris
  4. 2 cm lengkuas yang sudah diiris-iris
  5. 5 buah cabe yang sudah diiris serong. Jumlah cabe ini juga dapat Anda kurangi atau tambahi sesuai selera Anda dengan tingkat kepedasannya.
  6. 50 ml air
  7. Gula merah sesuai selera Anda, iris.
  8. Garam secukupnya
  9. Minyak goreng secukupnya.

Bahan Balado Teri

  1. 150 gram ikan teri yang sudah digoreng kering
  2. Minyak goreng secukupnya

Bahan Bumbu Halus

  1. 5 buah cabai merah atau sesuai selera Anda
  2. 2 siung bawang putih
  3. 5 siung bawang merah
  4. Sambal terasi
  5. 2 cm lengkuas yang sudah diiris-iris

Pastikan semua bahan membuat nasi kucing yang Anda gunakan di atas dalam kondisi yang baik. Jadi, aplikasi cara membuat hidangan khas Jogja ini yang Anda lakukan pun akan memberikan hasil lebih lezat.

Cara Membuat Nasi Kucing Lezat Khas Jogja

  1. Siapkan semua alat dan bahan yang diperlukan. Atur sedemikian rupa hingga posisinya mudah terjangkau.
  2. Untuk membuat kering tempe, panaskan minyak, tumis bawang merah, bawang putih, cabai, dan lengkuas hingga harum. Masukkan gula merah secukupnya. Tuangkan air, lalu masak hingga tampak berserabut. Selanjutnya masukkan tempe yang sudah diiris-iris. Aduk dan tambahkan garam. Masak hingga matang lalu angkat.
  3. Untuk membuat balado teri, panaskan minyak lalu tumis bumbu halus hingga matang. Selanjutnya masukkan teri, garam, dan gula. Aduk rata dan tunggu sampai matang. Angkat.
  4. Siapkan nasi pada wadah daun pisang. Tutupi bagian atas nasi dengan daun pisang untuk tempat lauk.
  5. Tempatkan lauk di atas daun pisang yang diletakkan di atas nasi.
  6. Sajian nasi kucing dengan cita rasa dan cara penyajian khas Jogja siap Anda nikmati.

Demikian cara membuat nasi kucing khas Jogja yang lezat. Anda yang tidak begitu pandai memasak pun bisa membuat nasi kucing di atas dengan hasil yang tidak mengecewakan asal mengikuti petunjuk dengan benar. Karena masakan ini mengandalkan beberapa komponen lauk, kegagalan di salah satu komponennya pun masih bisa ditutupi dengan lauk lainnya. Jadi Anda tak perlu khawatir ketika salah satu lauk tidak memuaskan. Namun, tentu akan lebih baik apabila semua komponen lauk tersaji dengan baik. Lezatnya nasi kucing pun akan membawa Anda seolah kembali ke Jogja. Sangat menarik bukan? Nah, untuk resep menarik selanjutnya yang bisa membangkitkan kenangan Anda, terus simak update artikel kami, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*