Resep Nasi Kuning Gurih Istimewa

Gambar Resep Nasi Kuning

ResepMedia.com – Berbeda dengan banyak anggapan orang, resep nasi kuning sebenarnya tak terlalu sulit untuk dibuat. Nasi kuning sendiri adalah salah satu jenis masakan khas Indonesia yang menggunakan bahan-bahan yang umum ditemui di negeri ini. Nasi kuning memanfaatkan beras dan berbagai rempah-rempah yang sangat biasa ditemui di Indonesia. Dari segi tradisi, nasi ini banyak digunakan untuk berbagai keperluan. Misalnya untuk membuat nasi tumpeng. Pada nasi tumpeng, nasi kuning akan dibuat menyerupai gunung sebagai pelambang gunung emas yang menandakan kesejahteraan dan moral yang baik. Nasi ini sering digunakan untuk acara peringatan hari-hari penting dalam budaya masyarakat Jawa dan Bali. Misalnya untuk memperingati pernikahan, kelahiran, hingga pertunangan. Di Bali, nasi kuning biasanya digunakan untuk upcara kuningan.

Dari segi rasa, nasi kuning unggul dengan rasa gurihnya yang menggoda. Nasi ini memang tidak memiliki rasa yang tajam. Namun kesan gurih pada nasi ini tetap menonjol sesuai proporsinya. Biasanya nasi ini disajikan dengan berbagai lauk pauk khas Indonesia juga. Misalnya kerupuk, kering tempe, daging ayam, hingga telur goreng. Nah, bagi Anda yang tertarik membuat nasi kuning, ikuti langkah-langkah berikut ini.

Bahan Resep Nasi Kuning Gurih Istimewa

Berikut ini adalah bahan nasi kuning yang diperlukan:

  1. 2 batang serai yang dimemarkan
  2. 2 lembar daun salam
  3. 3 lembar daun jeruk purut
  4. 2 sendok makan air kunyit. Air kunyit dibuat dari 1 sendok makan kunyit parut yang dilarutkan ke dalam 2 sendok makan air hangat lalu disaring
  5. 1 sendok makan air jeruk nipis
  6. 1 kg beras. Pastikan Anda menggunakan beras yang pulen.
  7. 1,5 liter santan dari 1 ½ butir kelapa
  8. 2 lembar daun pandan
  9. 1 sendok teh garam atau sesuai selera
  10. Lauk pauk seperti kerupuk, telur, hingga kering tempe untuk menemani santap nasi kuning Anda.

Pastikan semua bahan nasi kuning yang Anda siapkan di atas dalam kondisi yang baik ketika hendak digunakan, terutama santannya. Sebab, salah satu syarat membuat nasi kuning agar gurih adalah kualitas santan yang Anda gunakan. Santan dengan kombinasi garam yang pas akan membuat nasi kuning terasa gurih.

Cara Membuat Nasi Kuning Gurih Istimewa

  1. Siapkan semua alat dan bahan yang diperlukan. Atur sedemikian rupa agar mudah diambil. Jadi Anda tak perlu membuang waktu dan tenaga mencari alat atau bahan ketika proses memasak sedang berlangsung.
  2. Cuci beras hingga bersih selama beberapa kali. Tiriskan.
  3. Kukus beras dalam dandang panas selama kurang lebih 30 menit. Angkat ketika sudah dirasa masak lalu masukkan dalam panci.
  4. Rebus santan, serai, air kunyit, daun salam, daun buah jeruk, garam, dan daun pandan hingga mendidih. Setelah mendidih, angkat.
  5. Tuangkan rebusan santan dan bahan-bahan di atas ke dalam panci tempat Anda meletakkan beras. Aduk-aduk hingga santan terserap dengan sempurna oleh beras.
  6. Percikkan air dari jeruk nipis. Aduk kembali hingga merata.
  7. Kukus beras yang telah mengandung santan menggunakan dandan selama kurang lebih 30 menit. Angkat ketika sudah matang.
  8. Tempatkan nasi kuning pada wadah yang sudah Anda jadikan. Agar makin menarik, bentuk nasi sedemikian rupa.
  9. Nasi kuning siap Anda sajikan dengan berbagai lauk pauk sesuai selera Anda.

Demikian cara membuat nasi kuning yang lezat dan sederhana. Sebagaimana yang telah disebut di atas, cara membuat nasi ini agar gurih harus Anda usahakan lewat bahan-bahannya terutama santan. Sebab, tidak jarang santan yang digunakan sudah tidak terlalu baik sehingga nasi kurang terasa gurih. Kurangnya jumlah santan juga menjadi faktor nasi kuning kurang gurih. Selain itu, pastikan pula jumlah garam yang Anda tambahkan sesuai. Hasil masakan Anda mungkin memang belum bisa menyaingi mereka yang sudah profesional. Namun, setidaknya, hasil masakan Anda akan tetap terasa lezat. Aplikasikan saja resep di atas dengan tepat. Sangat mudah bukan? Ikuti terus update resep sederhana dan lezat selanjutnya untuk santapan yang tak membosankan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Resep Masakan