Resep Nasi Lengko Khas Cirebon

Gambar Resep Nasi Lengko Khas Cirebon

ResepMedia.com Resep nasi lengko yang sehat dengan sayuran segar. Jika Anda pernah datang ke sekitar pantura atau pantai utara, khususnya daerah Cirebon pasti pernah melihat warung makan atau pun pedagang di pinggir jalan yang menyediakan nasi lengko. Bagi yang sudah pernah menikmatinya, pasti ketagihan. Makanan ini memang menjadi makanan khas masyarakat di sana. Termasuk makanan sehat karena merupakan kreasi nasi sebagai sumber karbohidrat dan menjadi makanan pokok orang Indonesia. Ditambah, penyajian nasi yang membuatnya dinamakan nasi lengko, yaitu sayuran segar seperti taoge dan mentimum yang mengandung serat, serta kandungan protein dan lemak dari tempe-tahu goreng, sambal kacang, dan kecap manis. Tidak heran, jika kemudian ibu-ibu di wilayah tersebut sering menjadikan menu yang satu ini sebagai menu sehat andalan mereka. Bahan yang mudah dicari dan tergolong murah, cara membuatnya yang gampang dan cepat, namun tetap memiliki nilai gizi.

Resep sederhana nasi lengko dalam cara memasak hingga penyajiannya tersebutlah yang menjadi ciri khasnya. Resep nasi lengko tersebut, juga dikembangkan dalam penyajiannya agar lebih kaya lagi nutrisinya dengan menambahkan telur atau pun suwiran ayam. Penyajian juga semakin meriah dengan tambahan kerupuk. Kreasi kuliner nasi khas Indonesia ini juga bisa Anda buat sendiri di rumah. Karena praktis bahan dan cara membuatnya, maka bisa Anda jadikan sebagai pilihan menu alternatif ketika sibuk atau terburu-buru dan hanya mempunyai sedikit waktu untuk memasak.

Berikut bahan, bumbu, dan cara membuatnya.

Bahan:

  1. Nasi putih, porsi sesuai selera. Jika Anda sedang diet dan hanya mengkonsumsi nasi merah, juga tetap bisa menggunakannya.
  2. Taoge segar, perkirakan jumlahnya tergantung selera atau bisa gunakan 50 gram saja. Bersihkan terlebih dahulu bagian akar serta penutup kepalanya. Cuci bersih, dan sisihkan.
  3. Mentimun, 1 buah atau kira-kira saja sesuai selera. Potong menjadi 4 bagian dan iris tebal berbentuk dadu.
  4. Daun kucai, 4 tangkai. Iris halus.
  5. Tempe goreng, sekitar 150 gram atau perkirakan sesuai selera. Potong bentuk dadu, kecil-kecil.
  6. Tahu goreng, 200 gram. Sama seperti tempe, porsinya juga bisa Anda perkirakan. Potong dadu kecil-kecil.
  7. Bawang goreng, secukupnya untuk taburan.
  8. Kecap manis. Pilih yang encer atau lebih cair, jangan yang kental
  9. Minyak goreng, secukupnya.
  10. Bumbu kacang yang dihaluskan:
  • Kacang tanah goreng, 75 gram.
  • Cabai rawit, sesuai selera. Bagi penguka pedas bisa juga menambahkan cabai keriting.
  • Bawang putih, 2 siung.
  • Kencur, 1 cm. Jika tidak suka, bahan ini boleh dilewat.
  • Daun jeruk, 1 lembar.
  • Gula merah, secukupnya.
  • Garam, secukupnya.
  • Santan, sekitar 150 cc. Jika tidak ingin menggunakan santan, ganti saja dengan air.

Cara membuat:

  1. Haluskan bumbu kacang yang harus dihaluskan. Bisa menggunakan ulekan ataupun blender. Sisihkan dalam wadah dan tambahkan air atau santan. Aduk rata dan sisihkan kembali.
  2. Panaskan wajan atau panci kecil, kemudian didihkan bumbu kacang tadi dengan api sedang hingga bumbu tekstur bumbu tersebut lebih kental. Angkat dan sisihkan.
  3. Siapkan piring saji. Ambil nasi dengan porsi secukupnya. Anda bisa langsung menaruhnya atau bisa juga mencetak nasinya menggunakan mangkuk plastic agar bentuknya lebih rapi.
  4. Susun di atas nasi tersebut, mulai dengan menaruh sayurannya terlebih dahulu, taoge dan mentmun. Kemudian, lauk tempe dan tahu gorengnya. Anda bisa menambahkan sayuran lain seperti kol yang diiris halus dan lauk lainnya seperti telur dadar yang diiris tipis dan suwiran daging ayam goreng.
  5. Siramkan saus atau bumbu kacang secukupnya. Tambahkan sedikit kecap.
  6. Taburi di bagian paling atas dengan bawang goreng dan irisan daun kucai.
  7. Nasi lengko pun siap dinikmati.

Untuk hasil yang lebih nikmat, taburkan juga kerupuk di bagian atasnya. Bisa juga, sajikan dengan lauk lain seperti potongan telur pindang, telur asin, hingga sate kambing. Kuliner yang satu ini, melihat dari nutrisinya cocok disantap saat makan siang. Mengenyangkan dan sehat. Untuk sajian resep lainnya, khususnya dari jawa Barat, Anda bisa mencoba resep kupat tahu dari Bandung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Resep Masakan