Resep Plecing Kangkung Khas Bali dan Lombok

Gambar Resep Plecing Kangkung

ResepMedia.com – Segarnya resep plecing kangkung yang pedas dan renyah. Salah satu sayuran di Indonesia yang tergolong merakyat karena mudah dibudidayakan dan harganya murah adalah kangkung. Dari pasar tradisional hingga pasar swalayan, kangkung mudah sekali ditemukan. Semua kalangan menyukainya. Diketahui juga bahwa sayuran yang memiliki dua jenis tempat tumbuh, air dan darat tersebut asalnya dari India. Kangkung darat adalah jenis kangkung yang paling banyak dibudidayakan oleh petani di Indonesia. Dari mulai menanam hingga proses memanennya yang mudah merupakan alasan kenapa kangkung banyak dibudayakan. Pengolahan kangkung pun sangat mudah, tinggal ditumis saja. Biasanya, kangkung dijadikan sayuran pendamping ketika menikmati seafood. Walaupun awalnya tergolong tanaman liar, namun setelah dibudidayakanberbagai kandungan gizi kangkung pun akhirnya diketahui. Dalam kangkung terkandung zat besi, fosfor, sitosterol, zat anti peradangan, anti racun, diuretik, dan penenang. Kangkung dapat digunakan sebagai sayuran untuk mengatasi sembelit atau susah buang air besar, insomnia atau susah tidur, melancarkan buang air kecil yang bagus untuk kesehatan ginjal, serta mencegah anemia atau kurang darah.

Salah satu olahan kangkung di Indonesia yang paling terkenal adalah resep plecing kangkungResep lezat plecing kangkung ini berasal dari Bali dan Lombok. Plecing kangkung lebih sehat dibandingkan dengan kangkung yang ditumis, karena kangkung ini diolah dengan cara direbus. Penyajiannya ditambahkan sambal yang membuat rasa kangkung semakin segar. Tekstur kangkung yang renyah pun terasa begitu segar saat dinikmati.Untuk membuat plecing kangkung, sangat disarankan menggunakan jenis kangkung air. Batangnya yang lebih besar dan renyah akan berpengaruh pada rasanya. Berikut ini resep plecing tersebut, dari Bali dan Lombok yang bisa Anda coba di rumah.

  1. Plecing Kangkung Bali
  2. Bahan
  • 1 ikat kangkung segar.
  • 100 ml, air.
  • 2 sendok makan, minyak goreng
  • 1 buah, jeruk limau segar.
  • Bahan sambal yang dihaluskan:
  1. 1 sendok teh, terasi bakar.
  2. 1 buah, tomat segar.
  3. 3 buah, cabai merah besar segar.
  4. 5 buah, cabai rawit. Jika ingin lebih pedas, Anda bisa menambahnya sesuai selera.
  5. 3 siung, bawang putih.
  6. 2 siung, bawang merah.
  7. Garam, secukupnya.
  8. Gula pasir, secukupnya.
  9. Cara membuat
  • Panaskan air dalam panci secukpunya. Beri sedikit garam. Penggunaan garam dimaksudkan agar rebusan kangkung tidak berubah warnanya menjadi coklat.
  • Cuci bersih kangkung, kemudian masukan ke dalam air tersebut. Rebus sampai matang dan tiriskan. Setelah dingin, suwir atau potong-potong kangkung tersebut sesuai selera. Tiriskan.
  • Buatlah sambal dengan bahan yang harus dihaluskan. Sebaiknya, haluskan sambal menggunakan ulekan agar tekstur sambalnya tidak terlalu halus dan rasanya semakin nikmat.
  • Siapkan wajan. Kemudian, masukan bahan sambal yang sudah dihaluskan tersebut ke dalam wajan tersebut. Tambahkan minyak, terasi, dan air. Aduk, lalu Panaskan wajan tersebut menggunakan api sedang. Biarkan airnya meresap habis. Setelah itu, angkat dan sisihkan.
  • Siapkan piring saji. Letakan kangkung rebus dan tata. Tuangkan sambal di atasnya, dan beri air perasan jeruk limau.
  • Plecing kangkung khas Bali siap disajikan.
  1. Plecing Kangkung Lombok

Untuk plecing kangkung khas Lombok, bahan dan cara membuatnya pada dasarnya sama saja. Perbedaannya ada pada taoge sebagai tambahan sayurannya dan kencur dalam sambalnya. Taogenya terlebih dahulu diseduh menggunakan air panas dan ikut ditata bersama kangkung rebusnya dalam penyajiannya. Kangkung rebus dalam plecing kangkung Lombok pun dibiarkan utuh, panjang. Sambalnya pun ditumis sebentar sebentar dengan minyaknya, baru kemudian ditambahkan air.

Menu plecing kangkung sangat nikmat disajikan saat siang hari. Sebelum mengolahnya, pastikan Anda mencuci kangkung dengan bersih mengingat kangkung biasa ditanam di tepi parit atau sungai. Selain penambahan taoge seperti pada plecing kangkung Lombok, Anda pun bisa menambahkan urap, kacang panjang, atau kacang tanah goreng dalam kreasi menu plecing kangkung tersebut.Menu sayuran sehat ini, di kedua pulau di Indonesia tersebut menjadi menu favorit wisatawan baik domestik maupun asing. Untuk plecing kangkung khas Bali, selain sebagai menu segar juga biasa dijadikan menu pendamping untuk menikmati ayam taliwang yang juga bisa Anda coba di rumah resepnya. Keduanya memiliki kombinasi rasa sempurna yang lezat ciri khas makanan nusantara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*