Resep Rawon Daging Sehat Khas Surabaya

Gambar Resep Rawon Daging

ResepMedia.com Resep rawon daging sehat dan sesuai selera dengan membuatnya sendiri di rumah. Mendengar kata rawon, Anda pasti langsung teringat Surabaya. Benar sekali, bahwa makanan ini memang berasal dari kota Pahlawan yang berada di provinsi Jawa Timur tersebut. Makanan ini bisa sangat khas karena memiliki warna kuah hitam yang berasal dari bumbunya yaitu kluwek. Kluwek atau yang juga dikenal dengan keluwak tidak sekedar sebagai pewarna hitam makanan yang alami saja. Bumbu ini juga mengandung senyawa hipolipidemik dan hipotensip yang berperan dalam pengendalian lemak dan tekanan darah. Jadi, menikmati rawon yang menggunakan bahan utama daging sapi ini pun sehat dan aman karena kolesterol Anda tetap terjaga.

Kekayaan resep nusantara memang sering membuat penasaran. Menikmati rawon memang tidak terlalu sulit sekalipun Anda berada di luar Surabaya. Banyak restoran atau tempat makan khas Surabaya di berbagai kota yang menyediakan menunya. Namun, untuk mendapatkan resep rawon daging yang lebih enak dan berkualitas, tidak ada salahnya jika Anda mencoba memasaknya di rumah. Membuat rawon sendiri lebih terjamin dari sisi kebersihan dan kualitas daging yang digunakan. Rasanya pun lebih bisa Anda sesuaikan dengan selera. Bagi Anda yang tidak menyukai daging sapi pun, bisa menggantinya dengan daging lain termasuk daging ayam. Berikut ini, resep lezat rawon daging yang mudah tersebut. Memang kluweknya agak susah dicari untuk di beberapa daerah. Namun, untuk beberapa daerah, selain mudah menemukannya di pasar tradisional, kluwek juga sudah dijual di pasar swalayan.

Bahan dan Bumbu Membuat Rawon Daging:

  1. Daging sapi khas dalam, ½ kg. Untuk menggantinya dengan daging ayam, gunakan fillet atau bagian dada. Potong bentuk dadu kecil-kecil.
  2. Taoge pendek, 100 gram. Bersihkan bagian akar dan kepalanya. Cuci bersih menggunakan air mengalir kemudian seduh dengan air panas sebentar.
  3. Daun bawang, 10 batang. Iris tipis kecil-kecil.
  4. Minyak goreng, 1 sendok makan atau secukupnya untuk menumis.
  5. Lengkuas, 2 cm. Memarkan.
  6. Pangkal batang serai, 10 cm. Memarkan kemudian simpulkan.
  7. Daun salam, 1 lembar.
  8. Daun jeruk yang dibuang bagian tulang daunnya, 5 lembar.
  9. Air, 1,2 liter atau sesuai selera.
  10. Bumbu yang dihaluskan:
  • Bawang merah, 6 butir.
  • Bawang putih, 2 siung.
  • Ketumbar sangrai, 1 sendok teh.
  • Kunyit, kira-kira 1 kelingking.
  • Jahe, 1 cm.
  • Kemiri, 2 butir.
  • Cabai merah segar, 2 buah.
  • Biji kluwe, 4 buah. Ambil bagian dagingnya. Rendam terlebih dahulu menggunakan air panas agar teksturnya lebih lunak.
  • Gula merah sisir, 1 sendok makan atau secukupnya, sesuai selera.
  • Garam, 1 sendok teh atau secukupnya, sesuai selera.

Cara Membuat Rawon Daging Surabaya:

  1. Masak daging dengan cara merebusnya sampai teksturnya lunak dan empuk.
  2. Sambil memasak daging, panaskan wajan. Tumis semua bumbu yang telah dihaluskan berikut lengkuas, batang serai, daun jeruk, dan salamnya. Aduk sampai tumisan bumbu harum. Angkat dan masukkan tumisan bumbu tersebut ke dalam yang sedang direbus tersebut. Aduk hingga bumbu tercampur rata.
  3. Masak terus dan biarkan semua bumbu meresap pada daging tersebut.
  4. Setelah daging matang dan rasanya sesuai selera yang Anda inginkan. Anda bisa segera mematikan kompornya.
  5. Siapkan mangkuk saji. Tuang rawon yang masih hangat tersebut dan taburkan taugedan daun bawang di atasnya.

Jika Anda termasuk orang yang tidak begitu menyukai gajih atau lemak daging, maka pilih daging sapi lulur yang lemaknya sudah dibuang. Ketika Anda merebus daging, sebelum di tambah bumbu jika melihat buih kecoklatan, maka Anda bisa membuangnya agar daging tidak bau amis. Tambahkan air kembali untuk mendapatkan air rebusan yang bening tanpa lemak. Kuah dan daging dalam rawon pun semakin sehat. Untuk rasa yang semakin gurih dan nikmat, taburkan juga bawang goreng dan irisan seledri di atasnya. Batang daun bawang, apabila Anda tidak terlalu suka ditaburkan dalam bentuk mentah, bisa ikut direbus setelah daging hampir matang. Terakhir, bagi penyuka pedas siapkan sambal sebagai tambahan rasa pedasnya serta krupuk atau emping untuk rasa renyah yang semakin meriah. Coba juga menu khas Surabaya lainnya di rumah yaitu rujak cingur yang pedas dan segar untuk dinikmati siang hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Resep Masakan