Spesial Resep Kentang Balado Pedas

Gambar Resep Kentang Balado Pedas

ResepMedia.com Resep kentang balado pedas menu utama hari raya. Menjelang Idul Fitri, bagi kaum ibu tentu sudah mulai merencanakan menu apa saja yang akan dihidangkan saat hari raya tersebut tiba. Namun, dari sekian banyaknya pilihan menu makanan di hari raya, balado kentang adalah menu wajib. Kata ‘balado’ di belakangnya sudah jelas menunjukan rasa pedas dari olahan kentang yang satu ini. Kombinasi kentang dan balado mampu menggugah selera Anda. Untuk hari raya, kentang balado bisa menjadi sambal atau menu pendamping dari menu utama, ketupat dan opor. Sedangkan untuk di hari biasa, Anda bisa menjadikan kentang balado sebagai menu makanan utama yang disajikan bersama nasi.

Jika Anda penyuka pedas dan ingin memakan langsung kentang balado tersebut, hal ini juga bagus. Kentang yang mengandung karbohidrat bisa menjadi pengganti nasi. Agar tidak terlalu pedas, maka penggunaan cabai dalam baladonya bisa Anda kurangi dan sesuaikan. Selain itu, kentang juga berperan dalam perkembangan bakteri baik yang bagus untuk pencernaan. Ada pun penawar racun alami dalam kentang untuk tubuh kita ketika kelebihan kadar asam. Bagi kesehatan kulit, kandungan vitamin, mineral, serta kalsiumnya yang tinggi membantu kulit Anda jadi lebih halus dan lembut. Artinya, mengkonsumsi kentang balado, selain enak juga sangat bermanfaat. Berikut ini, resep mudah membuat kentang balado tersebut.

Bahan Utama Membuat Resep Kentang Balado

  1. 1,2 kg kentang ukuran sedang atau besar. Potong bentuk dadu atau sesuai selera. Bisa juga diiris tipis membulat.
  2. 12 lembar daun jeruk purut.
  3. 4 lembar batang serai yang digeprek.
  4. Daun salam 4 lembar.
  5. Garam, secukupnya.
  6. Merica bubuk, secukupnya.
  7. Gula merah, secukupnya.
  8. 3 sendok makan air asam jawa.
  9. 200 ml minyak goreng.
  10. Bumbu halus:
  11. 16 buah cabai merah besar atau sesuai selera.
  12. 6 buah cabai keriting merah atau lebih banyak untuk rasa yang lebih pedas.
  13. 20 butir bawang merah.

Cara Membuat Balado Kentang

  1. Setelah dipotong-potong, kentang direndam dalam larutan air garam dan kapur. Tujuannya agar kentang tidak hitam serta memiliki tekstur renyah. Diamkan selama beberapa menit kemudian buang airnya dan tiriskan.
  2. Panaskan minyak goreng dalam wajan. Kemudian goreng kentang tersebut hingga matang, warnanya kuning keemasan. Tiriskan kentang yang telah digoreng agar minyaknya turun. Sisihkan.
  3. Panaskan wajan baru, beri minyak secukupnya untuk menumis bumbu yang telah dihaluskan.
  4. Tumis bumbu hingga baunya tercium, kemudian tambahkan serai, daun salam, dan daun jeruk purutnya. Aduk kembali hingga aromanya semakin keluar.
  5. Tambahkan garam, merica, air asam jawa, serta gula merah. Aduk-aduk hingga bumbu tercampur dan mengental. Anda bisa mencicipinya untuk memastikan rasanya cukup.
  6. Setelah bumbu mengental, masukan kentang goreng yang sebelumnya telah disisihkan tadi. Aduk kentang hingga tercampur sempurna dengan bumbu balado tersebut.
  7. Biarkan sebentar kentang tersebut dimasak sambil terus diaduk agar bumbu meresap. Kemudian angkat.
  8. Sajikan selagi hangat bersama nasi putih atau ketupat.

Untuk kreasi dalam pembuatan kentang balado tersebut, Anda bisa menambahkan bahan lainnya seperti potongan ati ayam atau ampela, petai, tempe, atau udang. Selain rasanya akan lebih enak dengan ragam tambahan, nutrisinya pun lebih kaya dan sehat. Ampela, udang, dan tempe mengandung protein yang bisa melengkapi karbohidrat dari udang tersebut. Perhatikan juga, khususnya bagi yang ingin baladonya benar-benar pedas agar tidak mengurangi jumlah cabai merah besarnya. Penggunaan cabai merah akan berpengaruh pada cantiknya warna merah balado yang Anda buat. Oleh karena itu, jika ingin rasa pedas sebaiknya tambahkan cabai keriting merahnya tapi jangan jumlah kurangi cabai merah tersebut. Air asam jawa yang digunakan juga akan berpengaruh pada rasanya. Control rasa asam tersebut dengan penambahan gula merah jika menurut Anda terlalu asam. Sebaiknya, kentang yang digoreng pun tidak terlalu kering agar bumbu baladonya meresap dengan sempurna ke dalam kentang tersebut. Terlalu kering juga bisa membuat kentang balado ini malah seperti keripik balado. Sebagai sajian di hari raya, coba juga buat opor ayam spesialnya agar saat menikmati ketupat terasa semakin lezat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Resep Masakan